Mungkin kamu sudah sering mendengar taman bermain di kawasan Chernobyl yang ditinggalkan karena ledakan nuklir. Ternyata, tak hanya di luar negeri, Indonesia pun juga punya banyak tempat wisata yang ditinggalkan, lho.

Kesan menyeramkan dari bangunan yang terbengkalai seringkali menimbulkan daya tarik tersendiri. Apalagi, kalau kamu para pecinta wisata mistis, dijamin makin penasaran mengunjungi tempat berikut ini.

Yuk, lihat di mana saja sih tempat wisata terbengkalai di Indonesia!

1. Kampung Gajah Wonderland

gambar istimewah

Kampung Gajah Wonderland sempat menjadi hits, karena mengusung taman bermain sebagai konsep utamanya. Ada beragam wahana menarik yang bisa dinaiki, seperti formula kart, delman royal, dan buggy family.

Namun, taman bermain dinyatakan bangkrut pada tahun 2017, sehingga kini ditinggalkan. Kalau kamu mengunjunginya sekarang, dijamin bikin merinding, deh.

Pasalnya, semua wahana dan waterpark dibiarkan begitu saja hingga berkarat. Meski demikian, tempat ini masih sangat Instagramable, apalagi buat kamu yang sedang hunting foto bertema mistis.

Lokasi: Jalan Sersan Bajuri KM 3,8 Kecamatan Cihideung, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat

2. Bounty Beach Club Bungalows

gambar istimewah

Penginapan dengan pantai pribadi ini berada di pedalaman Gili Meno. Sebelumnya, penginapan ini menawarkan sensasi ketenangan dan ketenteraman. Sebab, lokasinya jauh dari hiruk-pikuk perkotaan.

Tempat ini sempat ditutup pada 2002, karena tak lagi beroperasi seperti biasa. Kini, tempat ini hanya memiliki aura yang menyeramkan, sehingga bikin bulu kuduk merinding. Bangunan terbengkalai ini menyisakan kursi, meja, hingga kolam serba berantakan.

Lokasi: Gili Meno, Pemenang, Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat

3. Taman Festival

gambar istimewah

Taman Festival dibangun pada tahun 1997 ini terdiri dari wahana permainan, kebun binatang, amphiteather, hingga wisata alam. Sayangnya, tempat ini ditutup dua tahun sejak dibuka, karena bangkrut. Saat tempat ini ditinggalkan, banyak bangunan yang belum selesai dibangun.

Kalau penasaran, langsung saja datang ke sini, tapi siapkan nyali, ya! Tempat ini sempat kebakaran pada tahun 2012 yang semakin menambah suasana menyeramkan. Dinding-dinding bangunannya pun telah ditumbuhi semak belukar, bikin makin creepy.

Lokasi: Jalan Padang Galak Nomor 3, Kesiman, Denpasar Timur, Denpasar, Bali

4. Pondok Indah Bedugul Taman Rekreasi Hotel

gambar istimewah

Ada dua cerita di balik pembangunan hotel ini yang saling kontradiktif. Cerita pertama, tempat ini dibangun pada tahun 1990-an, tetapi ditutup padahal belum sempat beroperasi. Cerita kedua, sempat beroperasi bahkan ramai pengunjung, tetapi menghilang satu per satu karena diganggu makhluk gaib.

Bagian eksteriornya masih terlihat sangat kokoh. Tampak megah sekaligus menyeramkan saat kamu mendekatinya.

Lokasi: Desa Batunya, Baturiti, Tabanan, Bali

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!