Home Resep 6 Menu Kuliner Khas Bulan Ramadhan

6 Menu Kuliner Khas Bulan Ramadhan

0
6 Menu Kuliner Khas Bulan Ramadhan

Bulan Ramadan memang menjadi bulan yang dinanti oleh umat Muslim di dunia. Bukan hanya soal bulan penuh berkah, ternyata ada hal lain yang dinantikan dari bulan ramadan. Yap, apalagi kalau bukan berburu kuliner khas Ramadan? Ngaku deh, kamu juga menantikan yang satu ini, kan? hihihi

Selain iklan sirup yang selalu muncul di awal bulan puasa, kuliner khas juga menjadi hal yang menandakan datangnya bulan baik ini. Di beberapa tempat di Indonesia, bulan puasa menjadi bulan munculnya berbagai kuliner istimewa. Berikut ini adalah beberapa kuliner khas yang hanya muncul saat bulan puasa. Simak, ya!

Kuliner Khas di Indonesia yang Hanya Muncul Saat Bulan Puasa Nggak perlu bingung mau berbuka puasa dengan menu apa hari ini. Karena ada banyak banget makanan atau jajanan yang muncul saat bulan puasa tiba. Mulai dari yang asin hingga yang manis, semuanya bisa kamu cicipi untuk menghilangkan haus dan lapar setelah berpuasa seharian. Termasuk menu-menu yang channel e list di bawah ini, nih!

Kicak

Kicak

Apa takjil favorit kamu saat bulan puasa nih? Warga Yogyakarta punya takjil istimewa yang enak dan patut dicoba. Yuk kenalan, namanya Kicak.

Kicak merupakan cemilan khas Yogyakarta yang terbuat dari jadah (ketan yang ditumbuk halus), gula, pandan, vanili, parutan kelapa, dan nangka.

Bahan-bahan tersebut dicampur menjadi satu. Kemudian dibakar menggunakan kayu bakar. Karena hanya bisa ditemui saat bulan puasa, Kicak menjadi makanan incaran untuk warga Yogyakarta berbuka puasa. Bahkan, kamu harus datang lebih awal untuk mendapatkan makanan ini. Telat sedikit, pastinya kehabisan!

Bongko Kopyor

Bongko Kopyor

Kamu masih belum familiar dengan menu yang satu ini? Bongko Kopyor merupakan menu berbuka puasa khas Gresik nih. Sama uniknya dengan menu berbuka puasa lainnya, Bongko Kopyor juga hanya bisa ditemukan saat bulan Ramadan aja, lho.

Seporsi Bongko Kopyor biasanya berisikan campuran tepung terigu, santan, pisang, bubur mutiara, potongan roti, nangka, dan kelapa muda. Lalu, dibungkus deh dengan daun pisang sebelum dikukus.

Bubur Kampiun

Bubur Kampiun

Nah, kalau yang satu ini menu berbuka puasa yang datang dari daerah Bukittinggi, Sumatera Barat. Mungkin untuk beberapa bahan dasarnya sudah sering kamu jumpai ya, sobat tiket, seperti candil, sumsum, kolang-kaling, ketan, pisang, ubi, dan kacang hijau. Nantinya, beberapa topping ini akan disiram dengan kuah gula merah. Hmmmm… kebayang nggak sih enaknya?

Ipau

Ipau

Nyebrang dulu yuk ke Kalimantan atau tepatnya di Banjarmasin. Ada kuliner yang mungkin hanya bisa kamu temui saat bulan puasa tiba nih, yaitu Ipau. Ipau merupakan kue berbahan dasar tepung yang berasal dari Arab, namun populer juga di Banjarmasin.

Bentuknya berlapis-lapis, kalau sekilas dilihat memang mirip seperti lasagna. Setiap lapisan kue Ipau biasanya berisi sayuran-sayuran seperti wortel dan beberapa sayuran hijau. Nah, yang membuatnya lebih enak adalah kuah santan yang dituang di atasnya. Dijamin deh menggugah nafsu makan kamu! Pokoknya wajib coba ya saat ke Banjarmasin!

Es Buah Timun Suri

Es Buah Timun Suri

Ingin yang segar-segar untuk berbuka? Es buah timun suri bisa jadi jawaban yang pas. Minuman yang satu ini memang mudah kamu temui di mana saja. Hanya saja, minuman ini biasanya sulit ditemui di bulan lain dan hanya muncul saat bulan puasa. Ada berbagai variasi es timun suri, namun biasanya minuman ini disajikan dengan kolang-kaling, cincau, sirup, dan susu kental manis. Bagaimana? Sudah mulai haus?

Tumis Siput

Tumis Siput

Terakhir, paling nggak biasa adalah tumis siput. Gimana? Kamu udah pernah tau soal menu berbuka yang satu ini belum? Biasanya menu yang satu ini akan bisa kamu jumpai di Tanjungpinang, Kepulauan Riau. Tumis siput atau gulai siput ini dimasak dengan kuah kuning yang dicampur dengan daun ubi.

Rasanya yang gurih dan enak ini semakin nikmat kalau disantap bersamaan dengan nasi hangat. Oh ya, menu satu ini juga dipercaya dapat mengembalikan stamina kamu lho setelah seharian berpuasa.

Apa Nih, Menu Berbuka Puasa Andalan Kamu? Sekarang udah nggak bingung lagi kan mau berbuka dengan menu apa saat kamu berada di luar kota? Terpenting, berbukalah dengan yang manis terlebih dahulu ya, dan makan secukupnya. Jangan sampai kalap beli berbagai menu dan akhirnya tidak termakan, ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here