Home Resep Makanan Unik yang Jarang Ditemui di Indonesia

Makanan Unik yang Jarang Ditemui di Indonesia

0
Makanan Unik yang Jarang Ditemui di Indonesia
<center>gambar istimewah<center>

perkembangan industri pariwisata berdampak juga pada usaha layanan makanan dan minuman, termasuk makanan tradisional yang unik. Karena dapat dijadikan peluang usaha untuk memenuhi kebutuhan wisatawan.

Makanan unik tersebut diolah dan disajikan sedemikian rupa agar bisa dicicipi wisatawan, dengan tetap mempertahankan adat istiadat atau pun kepercayaan-kepercayaan yang mengiringinya.

Apa saja makanan unik yang jarang ditemui sekarang ini di Indonesia? Apakah ada yang berasal dari daerah Anda?

 

Grontol.

gambar istimewah

Camilan khas Jawa Tengah yang unik, dari jagung manis yang dipipil lalu direbus, kemudian saat akan dimakan, atasnya ditaburi parutan kelapa muda dan gula putih. Makanan unik ini jarang ditemui karena penjualnya sudah berkurang.

Kue rangi.

gambar istimewah

Dulu, sekitar tahun 80 hingga 90-an, kue ini banyak dijual di sekolah-sekolah di DKI Jakarta. Menjadi salah satu jajanan favorit zaman Sekolah Dasar (SD). Salah satu makanan unik khas Betawi ini terbuat dari campuran tepung kanji dan kelapa parut yang atasnya ditaburi gula merah cair.

Mageli.

gambar istimewah

Penganan unik khas Kalimantan yang hanya dijual pada bulan ramadan. Penganan gurih ini terbuat kacang hijau yang diberi cabai untuk rasa pedas dan gurih, lalu digoreng
Kerupuk banjur atau juga dikenal sebagai kerupuk mie sambal. Kuliner ini biasanya ditemui pada saat bulan ramadhan di beberapa daerah di Indonesia seperti Jawa Barat dan DKI Jakarta. Ditambah dengan oncom atau lontong isi, makanan unik ini menambah nikmat buka puasa.

Awug.

gambar istimewah

Masih dari daerah Jawa Barat, awug salah satu makanan unik yang jarang ditemui sekarang ini, hanya pada momen tertentu seperti acara syukuran. Kue yang terbuat dari campuran tepung beras, kelapa, gula merah dan aroma daun pandan.

Jenang krasikan

gambar istimewah

Berbeda dengan jenang pada umumnya, jenang jenis ini memiliki sensasi cita rasa sendiri. Ketika kamu mengunyah camilan ini, lidah kamu akan merasakan berpasir, atau kalau orang Jawa bilang itu ngeres. Selain itu cara memasaknya pun juga berbeda.

Madu mongso

gambar istimewah

Namanya yang mengandung madu bukan berarti komposisinya juga menggunakan “saus manis” itu. Camilan satu ini terbuat dari ketan hitam dan difermentasi sehingga timbul sedikit rasa asam, kemudian ditambahkan gula. Biasanya, madu mongso dibungkus kertas warna-warni yang menarik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here