Menjaga pola makan merupakan salah satu cara untuk mengobati asam urat, termasuk konsumsi sayuran. Ada beberapa jenis sayuran untuk penderita asam urat yang baik dikonsumsi guna mengatasi keluhan yang muncul. Yuk, ketahui jenis sayuran apa saja yang dimaksud dalam artikel berikut.

Kadar asam urat yang tinggi di dalam tubuh dapat menyebabkan pembentukan kristal pada sendi. Gejala penyakit asam urat biasanya muncul secara tiba-tiba berupa nyeri tajam dan terkadang terasa sangat berat. Jika kadar asam urat yang tinggi ini dibiarkan tanpa penanganan, maka dapat menyebabkan terbentuknya batu ginjal, jika Anda mengalami penyakit asam urat, Anda perlu lebih cermat dalam memilih makanan atau minuman yang dikonsumsi. Jika tidak, rasa nyeri yang Anda rasakan bisa semakin memburuk.

Konsumsi obat-obatan untuk mengobati asam urat merupakan langkah tepat untuk menurunkan kadar asam urat dan mengatasi nyeri. Namun, menjaga pola makan sehat juga penting untuk meminimalkan serangan dan mengurangi tingkat keparahan penyakit asam urat yang mungkin Anda alami. Berikut ini adalah daftar sayuran untuk penderita asam urat yang dianjurkan:

1. Ubi Jalar

gambar istimewa

Sayuran yang berasal dari akar seperti ubi jalar dan wortel mengandung jumlah purin paling rendah. Purin merupakan zat yang akan dicerna menjadi asam urat di dalam tubuh. Oleh karena itu, ubi jalar dan wortel termasuk ke dalam sayuran yang aman dikonsumsi oleh penderita asam urat.

2. Terung dan tomat

gambar istimewa

Selain wortel, terung dan tomat juga merupakan sayuran rendah purin yang aman untuk dikonsumsi oleh penderita asam urat. Tak hanya rendah purin, terung dan tomat juga kaya akan vitamin dan mineral yang baik bagi tubuh.

3. Brokoli

gambar istimewa

Kandungan vitamin C di dalam sayuran hijau, seperti brokoli, juga dapat menurunkan kadar asam urat sehingga baik dan aman dikonsumsi oleh penderita asam urat.

4. Kentang

gambar istimewa

Kentang merupakan sayuran rendah purin dan kaya akan vitamin C, yang dapat mengurangi kadar asam urat dalam tubuh.

5. Kacang-kacangan

gambar istimewa

Penderita asam urat umumnya dianjurkan untuk menjauhi protein hewani. Agar asupan protein dalam tubuh tetap terjaga, konsumsi kacang-kacangan dapat menjadi solusinya. Hal ini dikarenakan kacang termasuk jenis makanan yang mengandung protein tinggi.

6. Bayam

gambar istimewa

Bayam merupakan salah satu jenis sayuran yang mengandung purin. Namun menurut penelitian, purin yang berasal dari sayuran aman dikonsumsi bagi mereka yang menderita asam urat.

7. Jamur

gambar istimewa

Jamur kaya akan serat dan rendah kalori. Sama seperti bayam, jamur juga merupakan sayuran yang baik untuk penderita asam urat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!