Bangun pagi tak hanya membuat kita punya banyak waktu untuk bersiap-siap menjalani hari, tapi juga sederet manfaat lainnya yang mungkin tak pernah disadari. Kendati demikian, bangun pagi memang bukan untuk semua orang.

Beberapa perlu berusaha lebih keras memaksa diri segera terjaga kala matahari mulai menunjukkan sinarnya. Kalau kamu, termasuk orang yang terbiasa bangun pagi atau tidak?

Meski bangun pagi bukan kebiasaanmu, mulai sekarang tak ada salahnya dicoba. Setidaknya untuk membuktikan kalau beberapa keuntungan ini memang benar dirasakan ketika bangun pagi.

1. Mood Lebih Bagus

gambar istimewa

Berdasarkan studi yang dilakukan oleh American Psychologial Association, menjadi morning person dikatakan akan membuat seseorang lebih bahagia dibandingkan mereka yang banyak menunda alarmnya untuk tidur lebih lama. Bangun pagi juga mebuat sistem imun lebih kuat, apalagi kalau spare waktunya dipakai untuk olahraga ringan meski hanya 10 menit.

2. Memperlancar Metabolisme

gambar istimewa

Ketika kita bangun dari tidur, tubuh memasuki zona pembakar lemak. Itulah mengapa olahraga di pagi hari sangat dianjurkan. Ini akan memperbaiki irama detak jantung, memberi energi sepanjang hari, bahkan rona merah alami di wajah! Intensitas olahraga di pagi hari juga akan membuat metabolisme dalam tubuh terus membakar kalori sepanjang hari.

3. Meningkatkan Fungsi Otak

gambar istimewa

Bangun pagi tak hanya membuat tubuh sehat, tapi otakmu juga akan berfungsi lebih optimal dalam bekerja. Pikiran jadi lebih fresh dalam menjalani hari. Sebuah studi, dilansir dari situs Live Strong, membuktikan bangun lebih pagi membuat kemampuan problem solving meningkat.

4. Tidur Nyenyak di Malam Hari

Morning Person
gambar istimewa

Studi dari Appalachian State University menunjukkan bahwa orang yang memulai hari mereka lebih awal memiliki tingkat kelelahan yang lebih sehat di akhir hari, dibanding mereka yang bangun siang. Sehingga, kualitas tidur pun akan membaik di malam berikutnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!