Tanaman cabai merupakan salah satu tanaman yang mudah tumbuh dengan perawatan yang mudah pula. Cabai di tanam dalam skala besar seperti perkebunan, di pekarangan rumah ataupun sebagai tanaman pot penghias jendela dapur. Meskipun tanaman ini mudah tumbuh dengan masa panen yang cepat, tanaman ini juga rentan dengan masalah.

Salah satu masalah yang umum menyerang tanaman cabai adalah daunnya yang menguning dan tampak layu. Melansir dari Pepper Geek, tanaman cabai memang umum mengalami masalah pada daunnya. Namun kamu tidak perlu khawatir, kenali penyebab daun tanaman cabai layu dan cara mengatasinya.

gambar istimewa

1. Tanah yang kering

Alasan mendasar mengapa daun tanaman cabai mulai layu adalah karena kurangnya asupan air. Ketika tanaman mengalami kekeringan, gejala utama yang bisa kamu lihat adalah daunnya yang mulai layu. Melalui proses transpirasi, air menguap dari daun tanaman cabai.

Jika tanaman sudah kehabisan cadangan air, maka daun akan terkulai. Sebaiknya siram secara rutin, terutama saat media tanam sudah kering. Kamu bisa mengecek tingkat kelembaban tanah dengan alat meteran air.

2. Suhu yang terlalu tinggi

Panas yang terlalu tinggi dapat menyebabkan tanaman cabai mengalami tekanan panas sehingga tanaman stress dan layu. Jika suhu mencapai lebih dari 29 derajat Celsius, ini waktunya kamu waspada dan menyelamatkan tanaman cabaimu. Berikut tips agar tanaman cabai bisa melewati tekanan panas:

  • Air: Saat cuaca panas atau kering, tanaman cabai akan menggunakan lebih banyak air secara signifikan. Untuk itu berikan tanaman penyiraman yang cukup untuk menjaga kelembabannya.
  • Naungan: Pindahkan tanaman cabai atau berikan naungan saat matahari sedang terik.
  • Hindari pemangkasan: Pemangkasan dapat menyebabkan tanaman kesulitan dalam menyerap nutrisi selama hari panas.
  • Pantau suhu: gunakan termometer untuk memantau suhu di luar.

3. Stres saat pindah tanam

Setelah bibit disemai dan muncul daun baru yang sudah siap pindah, tanaman akan dipindah ke dalam wadah yang lebih besar. Lingkungan yang baru dari dalam ke luar ruangan dan perubahan suhu membuat tanaman mudah layu.

Sebaiknya berikan naungan ekstra saat transisi agar tanaman dapat beradaptasi dengan baik. Pada beberapa kasus, tanaman bahkan menggugurkan daunnya saat pindah tanam. Saat akar sudah cukup kuat dan beradaptasi, tanaman akan kembali segar.

4. Bakteri

Layu bakteri adalah patogen tular tanah yang dapat menginfeksi cabai dan banyak tanaman kebun lainnya. Bakteri ini menyebabkan daun layu dan sekarat, dan biasanya tidak dapat disembuhkan. Jika ada salah satu tanaman yang terinfeksi layu bakteri sebaiknya selamatkan tanaman lainnya karena bakteri ini dapat menyebar dari satu tanaman ke tanaman lainnya.

Untuk mencegahnya, sebaiknya pangkas daun yang rendah dan terkena tanah karena bakteri masuk dari daun yang rusak. Selain itu kamu juga bisa memberikan mulsa di antara tanaman cabai untuk mencegah cipratan air hujan.

5. Serangga

Beberapa serangga dapat menyebabkan daun terdistorsi atau tampak layu pada tanaman lada seperti kutu daun, thrips, lalat putih, tungau laba-laba, dan siput. Selain layu pada daun, biasanya muncul bintik-bintik coklat atau lubang di daun.

Cobalah untuk memeriksa area bawah daun untuk melihat. Selain layu pada daun, biasanya muncul bintik-bintik coklat atau lubang di daun. Cobalah untuk memeriksa area bawah daun untuk melihat tanda-tanda pertumbuhan hama.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!