Agar nyaman di rumah sendiri, tentunya teman-teman harus merapikan dan membersihkan rumah setiap hari. Selain itu, kita juga harus membuat rumah bersih sepanjang hari tanpa bau tidak sedap yang mengganggu.

Berikut ini cara yang bisa dicoba untuk membuat rumah terasa segar sepanjang hari. Yuk, simak! 

1. Membersihkan Tempat Sampah

rumah segar
gambar istimewa

Salah satu sumber bau di dalam rumah adalah tempat sampah. Oleh karena itu, bersihkanlah tempat sampah secara rutin dan buang sampah setiap harinya. Selain tempat sampah, saluran pembuangan air wastafel dapur juga memengaruhi bau tidak sedap yang tercium di sekitar rumah, lo.

Untuk menyegarkan tempat sampah dan wastafel, gunakanlah perasan air lemon, sabun cuci piring, dan soda kue yang dicampur. Dijamin, nantinya tempat sampah dan wastafel bersih dan bau tidak sedapnya akan hilang, sehingga udara di rumah pun selalu segar. 

2. Membersihkan Karpet

rumah segar
gambar istimewa

Siapa sangka, karpet juga jadi sumber bau tidak sedap di rumah, lo. Apalagi, karpet sering terkena debu, tumpahan minuman, dan remah-remah makanan. Oleh karena itu jika ingin udara di rumah selalu segar sepanjang hari, mulailah dengan membersihkan karpet secara rutin.

Untuk membersihkan karpet, gunakanlah baking soda yang ditaburkan ke seluruh permukaan karpet. Lalu, diamkan selama 30 menit hingga dua jam sebelum kita bersihkan dengan penyedot debu. Dengan cara ini, karpet bisa segar kembali dan kotoran yang menumpuk bisa terangkat lebih mudah. 

3. Mendisinfeksi Tempat Kotor 

Sering kali penyebab bau adalah jamur atau bakteri yang berkembang biak. Jadi, cara lain untuk membuat rumah selalu segar adalah dengan menemukan sumber baunya dan mendisinfeksinya.

Sehingga, jamur dan bakteri tidak bisa tumbuh lagi dan bau segera hilang.

Untuk mendisinfeksi, teman-teman bisa menggunakan produk yang dijual bebas dipasaran dan tinggal disemprotkan ke temapt kotor seperti tempat sampah, kamar mandi, atau digunakan untuk mendisinfeksi seluruh perabotan rumah.  

4. Merebus Rempah-Rempah dan Buah 

Cara alami untuk menyegarkan rumah sepanjang hari adalah dengan merebus berbagai macam rempah-rempah dan buah di dalam panci. Kita bisa menggunakan irisan jeruk, kayu manis, lemon, lavender, atau daun mint di dalam panci yang berisi air dan direbus hingga mendidih.

Nantinya, uap hasil rebusan akan menyebar dan menyegarkan udara di seluruh ruangan rumah. 

5. Menggunakan Lilin Aromaterapi

rumah segar
gambar istimewa

Cara terakhir yang bisa teman-teman coba untuk menyegarkan rumah sepanjang hari adalah dengan menyalakan lilin aromaterapi. Letakkanlah lilin aromaterapi di beberapa sudut rumah dan nyalakan selama satu jam saja setiap harinya.

Hasilnya, seluruh ruang rumah bisa beraroma segar sesuai jenis lilin aromaterapi yang kita pilih. Lilin aroma terapi juga bisa disimpan saja di dalam lemari agar lemari tidak bau apak, lo. 

Nah, itulah berbagai macam cara yang bisa teman-teman lakukan untuk menyegarkan rumah sepanjang hari. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!