25.1 C
Jakarta
Wednesday, April 17, 2024

Tak Perlu AC, Ikuti Cara Cara Ini Agar Ruangan Tetap Sejuk Setiap Saat

Belakangan ini, kita merasakan cuaca yang cukup panas. Paparan sinar matahari di musim panas bisa jadi hal yang mengganggu, mulai dari rasa gerah hingga kulit tebakar.

Kalau sudah begini, rumah dengan suasana teduh dan udara sejuk akan jadi nyaman bagi penghuninya. Sebenarnya, menyalakan penyejuk ruangan atau AC memang bisa menolong.

Namun, selain boros, terpapar alat penyejuk terus-menerus juga bisa mengganggu kesehatan, mulai dari sakit kepala hingga alergi. Lalu, bagaimana cara membuat ruangan sejuk tanpa AC, ya? Yuk, kita cari tahu bersama.

Buka Jendela di Waktu yang Tepat

Ruangan Tetap Sejuk
gambar istimewa

Teman-teman pasti tahu jendela sangat berperan besar dalam sirkulasi udara dalam rumah. Namun, saat musim panas seperti sekarang ini, jangan sembarangan membuka jendela, ya.

Teman-teman bisa membuka jendela hanya saat sore atau malam hari ketika udara di luar rumah sudah terasa lebih dingin. Hawa sejuk sore atau malam hari ini bisa menggantikan udara panas yang terperangkap di ruangan.

Hindari membuka jendela saat siang hari, ya. Kalau jendela dibiarkan terbuka, udara hangat dari luar justru akan masuk dan membuat ruangan jadi lebih panas.

Menutup Tirai Jendela

Ruangan Tetap Sejuk
gambar istimewa

Tahukah teman-teman, 30 persen hawa panas dalam ruangan ternyata berasal dari jendela rumah. Ketika teman-teman menutup tirai jendela, suhu ruangan akan otomatis menurun karena tirai bisa menghalangi sinar matahari dari luar.

Namun jangan khawatir, kalau teman-teman ingin membuka jendela, ada tipsnya. Pastikan tirai jendela rumah teman-teman menggunakan bahan katun atau linen, lalu teman-teman bisa basahi tirai dengan cara disemprot air.

Tirai yang basah dan lembab ini tentu bisa menghalangi hawa panas dari luar. Selain itu, udara yang berhembus masuk melalui jendela akan terasa lebih sejuk sehingga ruangan kita menjadi sejuk.

Mematikan Peralatan Elektronik yang Menghasilkan Panas

gambar istimewa

Cara membuat ruangan sejuk dan dingin bisa dengan mematikan peralatan elektronik yang menghasilkan panas di siang hari. Selain bisa membuat ruangan sejuk, kita juga bisa belajar untuk menghemat energi.

Ada banyak caranya, bisa dengan mematikan lampu atau tidak menggunakan peralatan elektronik di rumah yang tidak terpakai. Manfaatkan ventilasi dan sirkulasi yang baik agar teman-teman tidak perlu menyalakan lampu di ruangan saat siang hari.

Menggunakan Cat Lembut

gambar istimewa

Cara mendinginkan ruangan selain AC berikutnya adalah pemilihan warna cat pada tembok rumah. Penggunaan cat berwarna cerah pada ruangan bisa membawa efek sejuk untuk ruangan, lo.

Pilihlah seperti warna putih, kuning atau pastel. Warna-warna cerah seperti itu akan memantulkan cahaya matahari sehingga ruangan tidak lagi terasa panas.

Selain pemilihan warna cat, teman-teman juga bisa memilih cat eksterior yang bisa mengurangi panas. Cat ini memang dirancang untuk mengurangi penyerapan sinar matahari dan memantulkannya kembali. Suhu di dalam ruangan biasanya bisa turun 2-3 derajat dari temperatur di luar rumah. Bisa membantu mendinginkan ruangan, bukan?

Menaruh Tanaman Hias

gambar istimewa

Cara yang terakhir adalah menaruh tanaman hias di dalam ruangan. Meski ruangan rumah kita sempit, tanaman perlu ada di rumah agar bisa membuat ruangan menjadi lebih sejuk.

Kita bisa memanfaatkan dinding di salah satu ruangan untuk membuat vertical garden. Cara sederhana dan murah untuk membuat vertical garden dengan memanfaatkan botol plastik bekas minuman ataupun pipa sebagai media tanam.

Sementara untuk jenis tanaman, teman-teman bisa mencoba untuk menanam jenis tanaman semak, tanaman yang tumbuh menjuntai atau tanaman merambat seperti sirih merah.  Selain itu, dilansir dari jurnal yang diterbitkan Environmental Health Perspectives, tanaman hias adalah penyaring udara yang berguna.

Nah, begitulah cara yang bisa teman-teman terapkan untuk membuat ruangan menjadi sejuk dan dingin tanpa perlu menggunakan AC.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
26,500SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles