Sebagai generasi Milenial dan Generasi Z, internet sudah menjadi bagian sehari-hari. Tidak heran kebanyakan dari kita merupakan pengguna layanan internet menggunakan WiFi.

Sekalinya WiFi eror, wah banyak kegiatan bahkan pekerjaan yang tertunda. Jadi opsi solusi, cara restart WiFi ini bisa dengan mudah kamu lakukan untuk mengatasi masalah jaringan.

Sebagai catatan, langkah-langkah berikut bisa kamu coba jika gangguan internet bersumber dari router, ya. Seperti tidak adanya akses internet padahal perangkat telah terhubung. Jika sudah begini, maka ada 3 cara restart berbeda yang patut untuk dicoba.

1. Cara restart WiFi dengan tombol power

gambar istimewa

Langkah mudah me-restart WiFi tentu saja dengan menyalakan lalu mematikan router melalui tombol daya. Biasanya, hanya ada satu tombol pada fisik router. Jadi jika kamu menemukan tombol di bagian belakang router dan berderet dengan kabel, bisa dipastikan itulah power button yang kamu cari.

Cukup tekan tombol daya sekali untuk mematikan router. Tunggu selama 30 detik untuk memastikan router telah mati. Tekan tombol daya sekali lagi untuk kembali menyalakan router. Lampu indikator dengan keterangan ‘Power’ akan menyala sebagai tanda perangkat telah benar aktif.

Setelah menyala, kamu perlu menunggu beberapa saat hingga router siap digunakan. Ini ditandai dengan beberapa lampu indikator nyala bersamaan dan berwarna hijau.

Coba kembali koneksi internet melalui ponsel atau gawai lain. Jika sudah terhubung, maka permasalahan eror selesai diatasi.

Namun, jika lampu indikator yang nyala berwarna merah, berarti gangguan internet berasal dari jaringan atau kerusakan router. Apabila ini terjadi, maka satu-satunya cara menembalikan jaringan dengan menghubungi penyedia layanan internetmu

2. Cara restart WiFi melalui alamat IP

gambar istimewa

Memuat ulang WiFi juga bisa kamu lakukan melalui pengaturan pada alamat IP. Cara restart WiFi dengan langkah ini tidak perlu akses fisik ke router, cukup menggunakan gawai yang terhubung dengan jaringan internet.

Pastikan gadget yang kamu gunakan telah terhubung internet dari router yang mengalami gangguan. Jika sudah, ikuti tahapan berikut:

  • Buka alamat IP melalui browser pada ponsel atau laptop. Alamat IP yang umum digunakan di Indonesia yakni 92.168.0.1 atau 192.168.1.1 sesuai merek router.
  • Masukkan username dan password untuk login dashboard pengaturan. Adapun username dan password manual untuk beberapa router yakni ‘admin’. Kamu juga bisa menemukan nama pengguna dan kata sandi di bagian belakang router.
  • Buka pengaturan ‘System Tools’. Tajuk pengaturan ini mungkin berbeda pada tiap alamat IP. Bagian ini memuat pengaturan sistem yang memberikan akses restart WiFi.
  • Pilih opsi ‘Reboot’. Setelah diklik, WiFi secara otomatis akan memuat ulang.

Berbeda dengan opsi restart pertama, cara restart router lewat HP melalui alamat IP berarti mengembalikan jaringan ke pengaturan pabrik. Artinya, kamu harus mengatur lagi nama WiFi juga password koneksi sebelum kembali menggunakannya.

3. Cara restart WiFi dengan tombol reset

gambar istimewa

Selain tombol power, terdapat pula tombol reset yang ada di router. Namun, kamu tidak akan menemuinya dalam bentuk bulatan timbul layaknya tombol daya. Akses reset melalui router satu ini cukup tersembunyi. Untuk mengaksesnya, kamu perlu jarum atau sim card puller yang biasa digunakan pada smartphone.

Mengapa? Karena tombol reset ini berbentuk lubang kecil di punggung router. Kamu tidak akan kesulitan mengenalinya, sebab terdapat keterangan ‘Reset’ yang menunjukkan fungsi tombol tersembunyi tersebut.

Adapun cara restart WiFi menggunakan tools ini cukup dengan tekan tombol reset selama 10-15 detik. Kamu akan mendapati lampu indikator mati sebelum akhirnya kembali menyala yang menunjukkan bahwa router telah aktif lagi. Tunggu sesaat hingga lampu indikator kembali berkedip normal dan memastikan router benar-benar siap digunakan.

Jika indikator berwarna hijau, artinya kamu sudah bisa menghubungkan kembali smartphone atau gawai lain ke WiFi. Namun, apabila mendapati lampu indikator berwarna merah, hubungi penyedia layanan internet untuk melaporkan adanya gangguan.

Sebagai catatan, cara restart WiFi menggunakan tombol reset ini juga mengembalikan router pada setelan pabrik. Guna keamanan, sebaiknya atur kembali nama WiFi sebagai identitas dan password WiFi yang digunakan saat ingin tersambung dengan internet.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!