gambar istimewah

Jerawat memang menjadi momok yang kerap ditakuti oleh para orang-orang muda seperti kita. Betapa tidak, selain merusak penampilan, jerawat juga seringkali menimbulkan keluhan sakit, kulit bengkak, bernanah dan kemerahan di kulit. Belum lagi kalau setelah itu menjadi bekas yang sulit dihilangkan dan mengurangi percaya diri. Maka itulah, jerawat telah ditasbihkan menjadi musuh nomor satu yang harus diberantas secepat-cepatnya. Ada banyak macam faktor penyebab munculnya jerawat. Beberapa di antaranya adalah faktor lingkungan, kondisi dan jenis kulit, ketidakcocokan dengan produk kosmetik, sampai gaya hidup yang kurang sehat. Supaya kamu bisa memberantas jerawat dengan mudah, Hipwee sudah merangkum tips untukmu agar jauh-jauh dari Jerawat. Yuk simak!

1. Mulai dengan membudayakan hidup bersih. Selalu cuci seprai dan sarung bantal secara rutin.

gambar istimewah

Setiap kita tidur, hampir bisa dipastikan bahwa kulit wajah akan bersentuhan dengan sarung bantal dan seprai. Pastikan sarung bantal dan seprai kamu rutin dicuci setidaknya seminggu sekali agar debu dan kotoran tak mudah mengenai kulit wajah kamu.

2. Lakukan olahraga secara teratur. Bisa sambil mencari Pokemon, kan?

gambar istimewah

Olahraga akan memperlancar metabolisme tubuh ke tingkat yang menyehatkan. Dengan olahraga, tubuh kamu akan membuat pola sehat yang bisa melawan penyakit yang datang. Termasuk ketidakseimbangan hormon yang menyebabkan timbulnya jerawat. Lakukan olahraga ringan seperti jogging, naik turun tangga, atau sambil mencari Pokemon. Olahraga sekarang semakin mudah kok.

3. Minum banyak air putih untuk meluruhkan bibit penyakit yang masuk ke tubuhmu

gambar istimewah

Lupakan sejenak minuman beralkohol, bersoda, atau pun minuman kemasan yang ditambahi dengan bersendok-sendok gula. Saatnya untuk memperhatikan tubuh kamu dengan banyak-banyak minum air putih. Air putih selain bagus untuk ginjal, juga baik untuk kesehatan kulit agar senantiasa terhidrasi. Sssst, vitamin B dan C kan larut dalam air. Kamu akan butuh air agar vitamin-vitamin tersebut optimal diserap tubuhmu.

4. Jangan sembarangan menyentuh wajah dengan tangan. Tanganmu diam-diam adalah sarang kuman lho

gambar istimewah

Iya, apalagi kalau wajahmu berminyak, dan tanganmu habis dipakai untuk menyentuh benda-benda yang potensial menularkan kuman. Jangan dulu ya, lebih baik cuci dulu tanganmu dengan air yang bersih, baru menyentuh wajah. Atau gunakan tisu atau kain bersih untuk menyeka muka.

5. Konsumsi makanan yang banyak mengandung Vitamin C,E, dan K. Usir jerawat dari dalam

gambar istimewah

Vitamin bagus untuk kulit. Vitamin C sebagai antioksidan, vitamin E untuk kehalusan kulit dan vitamin K untuk regenerasi. Konsumsi vitamin tersebut dari berbagai buah-buahan di sekitar kita.

6. Kurangi makanan berlemak. Lebih baik pilih ‘lemak baik’ seperti di buah alpukat

gambar istimewah

Lemak yang kurang baik seperti gorengan punya pisau bermata dua. Iya, Hipwee setuju kalau gorengan adalah makanan anugerah yang Maha Kuasa dengan tingkat kenikmatan setara surga, tetapi makanan tersebut berpotensi untuk menambah risiko munculnya jerawat. Sehingga sebaiknya dikurangi dulu. Ganti camilan kamu dengan buah-buahan sehat agar lidahmu tak bosan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!