31.3 C
Jakarta
Thursday, March 28, 2024

Prediksi Dunia Gaming Masa Depan, Seperti Apa?

Game digital merupakan salah satu sektor yang bertumbuh pesat berkat perkembangan teknologi. Nah, jika dulu tampilan dan cara memainkan sebuah game masih terbilang sangat sederhana, kini grafik serta mekanisme yang ditampilkan sudah terbilang kompleks.

Namun, game digital saat ini tentu akan terus berkembang menjadi jauh lebih canggih, rumit, dan kompleks pada masa depan. Untuk kamu yang penasaran seperti apa prediksi dunia gaming di masa depan, simak artikel berikut, ya!

Makin intens berkat koneksi 5G atau di atasnya

gambar istimewa

Berapa kecepatan internet ideal untuk memainkan game digital berat secara online saat ini? Pihak Microsoft Xbox pernah menyatakan bahwa kecepatan internet minimum yang dibutuhkan supaya game berat dapat dimainkan dengan mulus adalah 20 Mbps ke atas. Artinya, saat ini pun developer dan vendor konsol sudah mewajibkan gamer untuk melakukan koneksi online secara cepat dan stabil.

Nah, kita telah memasuki era 5G. Koneksi internet akan makin cepat berkali-kali lipat dibandingkan dengan 4G. Jelas bahwa game digital akan makin kompleks sehingga membutuhkan kecepatan tinggi dalam menjalankannya secara online. Masih belum cukup? Well, saat ini pun, beberapa negara, seperti Amerika, China, Israel, dan Inggris, justru sudah bersiap dengan teknologi 6G.

Konsol masa depan

gambar istimewa

Bagaimana kira-kira konsep konsol gaming di masa depan? Menurut laman Culture Tech, konsol gaming masa depan mungkin akan dipenuhi oleh game eksklusif. Hal ini untuk mendukung eksistensi konsol yang makin terdesak dengan PC, handheld, dan smartphone. Dalam 10 atau 20 tahun ke depan, Sony dan Xbox masih mendominasi pasar konsol gaming.

Akan tetapi, jika mereka tidak dapat mempertahankan keberadaan game eksklusif, jelas bahwa eksistensi konsol bisa punah karena segala sesuatunya akan digantikan dengan game berbasis streaming. Jadi, menurut para pengamat teknologi, judul game yang eksklusif masih akan menjadi senjata andalan konsol masa depan.

Bagaimana dengan PC masa depan?

gambar istimewa

Dalam dunia teknologi, keberadaan komputer akan selalu ada, hanya saja bentuknya yang terus mengalami evolusi dari zaman ke zaman. Begitu juga dengan PC, perangkat gaming ini masih diprediksi akan terus eksis di masa depan, tentu dengan bentuk yang mungkin sangat berbeda dengan PC saat ini. Fungsi dan ragam jenis game yang begitu luas membuat PC dinilai sangat fleksibel pada masa yang akan datang.

Industri game di PC juga diprediksi makin meningkat di angka yang sangat masif. Bahkan, keberadaan prosesor dan kartu grafik juga masih menjadi komponen terpenting untuk PC gaming meski dalam bentuk yang lebih ringkas dan modern. Namun, sama seperti konsol, PC gaming akan menghadapi tantangan berat jika harus bersaing dengan smartphone dan handheld.

Interaksi antara gamer dan software makin tak terpisahkan

gambar istimewa

Menggerakkan game dengan keyboard, mouse, layar sentuh, dan stik mungkin masih menjadi kebiasaan dari mayoritas gamer dunia saat ini. Namun, kini juga sudah terdapat game yang mendukung interaksi gamer dengan VR atau virtual reality. Konsep ini sudah dikenal sejak lama. Hanya saja, praktik penuhnya baru bisa direalisasikan beberapa tahun ini.

Selain gaming, pada masa depan VR akan menjadi konsep teknologi yang lebih luas. Berinteraksi dengan orang lain pun mungkin bisa dilakukan dengan teknologi VR, tentu dengan peralatan yang jauh lebih canggih. Jika memungkinkan, teknologi VR masa depan akan dibuat semudah dan sesederhana lensa kontak mata manusia.

Grafik yang makin sulit dibedakan dengan dunia nyata

gambar istimewa

Tampilan atau grafik game digital zaman dulu tentunya masih sangat sederhana. Bahkan, pada awal kemunculannya, visualisasi dari sebuah game hanya digambarkan berupa 1 atau 2 titik saja. Nah, sejak era konsol 8-bit dipasarkan pada 1980-an, grafik dari game digital mulai berkembang dan dipenuhi dengan berbagai macam warna, objek, serta efek spesial.

Saat ini, kita bisa melihat game besar, semacam Flight Simulator, Forza Horizon 5, Death Stranding, Ghost of Tsushima, dan Horizon Forbidden West, sebagai bagian kecil dari game digital bergrafik apik. Nah, pada masa depan, grafik dari sebuah game akan makin realistis dan bahkan sangat sulit untuk dibedakan dengan dunia nyata.

Pembahasan mengenai prediksi gaming di masa depan memang sungguh mengasyikkan, bukan? Lalu, bagaimana menurutmu? Apa kamu juga punya prediksi sendiri mengenai konsep bermain game digital pada waktu yang akan datang?

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
26,400SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles