34.3 C
Jakarta
Thursday, July 11, 2024

Momen Tak Terlupakan Sepanjang Sejarah Formula 1 GP Spanyol

Formula 1 akan kembali dihelat akhir pekan ini dengan tajuk GP Spanyol di Sirkuit Catalunya pada Minggu (22/5/2022). Sirkuit ini sendiri sudah cukup lama menggelar balapan Formula 1. Ia tak pernah absen sejak 1991.

Karena sudah lama digunakan, tak heran jika terdapat berbagai momen tak terlupakan di Sirkuit Catalunya. Salah satunya adalah kemenangan tak terduga Pastor Maldonado bersama Williams pada 2012.

Kemenangan perdana Max Verstappen dan tabrakan duo Mercedes pada 2016

gambar istimewa

GP Spanyol 2016 menjadi salah satu balapan yang sulit dilupakan para pencinta Formula 1. Pada awal balapan saja kita sudah disuguhkan insiden antara duo Mercedes, Nico Rosberg dan Lewis Hamilton. Padahal keduanya merupakan kandidat kuat juara musim itu.

Meski begitu, jangan melupakan pencapaian luar biasa Max Verstappen. Pembalap asal Belanda tersebut secara menakjubkan mampu meraih kemenangan pada debutnya bersama Red Bull. Verstappen juga sekaligus menjadi pembalap termuda yang meraih kemenangan di Formula 1.

Akhir tragis Mika Hakkinen pada 2001

gambar istimewa

Mika Hakkinen sempat memimpin balapan dengan selisih 40 detik dari Michael Schumacher pada GP Spanyol 2001. Ia pun berada di jalur yang tepat untuk meraih kemenangan keempatnya secara beruntun di GP Spanyol.

Sayangnya, asap tiba-tiba muncul dari mobil McLaren milik pembalap asal Finlandia tersebut pada lap terakhir. Alhasil, ia gagal melintasi garis finis dan harus rela melihat Schumacher menyalipnya.

Kemenangan pertama Michael Schumacher bersama Ferrari pada 1996

gambar istimewa

Michael Schumacher merupakan salah satu pembalap yang dikenal begitu hebat di lintasan basah. Hal itu mulai ia tunjukkan ketika menang pada GP Spanyol 1996. Itu juga merupakan kemenangan pertamanya bersama Ferrari.

Mengawali balapan dari posisi ketiga, pembalap asal Jerman tersebut harus turun beberapa posisi karena masalah pada kopling. Namun, Schumacher mampu menunjukkan performa luar biasa dan sukses meraih kemenangan.

Duel sengit Nigel Mansell dan Ayrton Senna pada 1991

gambar istimewa

Nigel Mansell dan Ayrton Senna merupakan dua protagonis pada perebutan gelar juara dunia 1991. Salah satu duel yang tak terlupakan adalah ketika keduanya beradu kencang pada GP Spanyol.

Sempat terlihat percikan api dari kedua mobil tersebut, Mansell pada akhirnya keluar sebagai pemenang. Hal ini sekaligus menjadi pembalasan baginya usai dikalahkan Senna pada 1986. Namun, saat itu, balapan digelar di Sirkuit Jerez.

Kemenangan tak terduga dari Pastor Maldonado pada 2012

gambar istimewa

Pastor Maldonado bukanlah pembalap yang terkenal akan kehebatannya ketika berkarier di Formula 1. Namun, satu momen yang tak bisa dilupakan dari pembalap asal Venezuela tersebut terjadi pada GP Spanyol 2012.

Maldonado sukses menjadi pole position setelah Lewis Hamilton terkena penalti. Pada saat balapan, ia terus dikejar Fernando Alonso. Namun, Maldonado tampil tenang dan mampu mengamankan satu-satunya kemenangan dalam kariernya. Itu juga masih menjadi kemenangan terakhir bagi Williams.

GP Spanyol di Sirkuit Catalunya memang banyak menyajikan momen-momen yang tak terlupakan. Bahkan, cukup bersejarah bagi beberapa pembalap.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
26,900SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles