30.4 C
Jakarta
Tuesday, July 9, 2024

Jenis Tanaman Sela yang Cocok Ditanam di Kebun Mangga

Kebun mangga yang dikembangkan secara komersil harus menggunakan aturan jarak tanam yang ideal agar tanaman dapat tumbuh optimal. Jarak tanam yang digunakan membuat kebun mangga memiliki lahan sisa seperti sela-sela di antara pohon mangga yang sering tidak terpakai.

Sebenarnya, lahan tersebut masih bisa dimanfaatkan untuk menanam tanaman lain ketika tanaman mangga masih berukuran kecil atau jarak tanam masih tergolong longgar (12–14 m). Penanaman tanaman sela ini dapat memberikan manfaat bagi tanaman mangga, petani, ataupun lingkungan sekitar.

Tanaman sela dapat membuat lahan menjadi subur karena secara tidak langsung tanaman ini membantu penggemburan, penyiangan, pemupukan, dan penyiraman. Pasalnya, tanaman yang berada di sela-sela tanaman mangga ini harus tetap dipupuk dengan pupuk kandang, kompos, dan pupuk organik lainnya. Umumnya, tanaman sela dipanen sebelum tanaman mangga berbuah.

Dapat menjadi sumber pendapatan tambahan bagi petani

Hasil panen ini dapat menjadi sumber pendapatan tambahan bagi petani selama mangga belum berbuah. Jenis tanaman yang ideal ditanam di sela-sela pohon mangga adalah tanaman sayur atau tanaman lain yang berumur pendek.

Tanaman berumur pendek yang dimaksud adalah kubis, sawi, bawang merah, wortel, buncis, kacang tanah, kedelai, kacang hijau, kacang panjang, labu, semangka, tomat, terung, cabai, bengkuang, dan tembakau. Selain itu, bagian sela-sela tersebut juga bisa digunakan untuk menanam buah-buahan yang berumur kurang lebih 1–4 tahun, seperti nanas, pepaya, jambu biji, srikaya, markisa, dan terung belanda.

Tanaman yang tidak berumur panjang

Tanaman yang dipilih memang tanaman yang tidak berumur panjang karena keberadaannya tidak bisa dipertahankan selama masa hidup tanaman mangga, tanaman ini hanya bisa ditanam hingga mangga berumur 10–12 tahun. Sebenarnya, jenis tanaman yang digunakan dapat beragam, yang terpenting tanaman tersebut tidak akan mengganggu tanaman mangga, misalnya menjadi kompetitor.

Ciri-ciri tanaman yang mengganggu adalah merebut unsur hara yang seharusnya diperuntukkan bagi tanaman mangga, mengambil ruang tumbuh tanaman mangga, atau bahkan hidup seperti parasit sehingga merugikan tanaman mangga yang berada di dekatnya. Apabila tanaman sela yang anda pilih sudah terbukti mengganggu, sebaiknya tanaman sela tersebut segera dibongkar agar tidak menghambat produktivitas tanaman utama.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
26,900SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles