27.7 C
Jakarta
Tuesday, July 9, 2024

Manfaat Terapi Mengapung untuk Kesehatan

Meski belum banyak dilakukan, ada beragam manfaat terapi mengapung bagi kesehatan yang perlu Anda ketahui, seperti mengurangi rasa sakit dan cemas. Dengan mengetahui manfaatnya, Anda pun bisa mempertimbangkan terapi ini untuk mengatasi berbagai keluhan yang dialami.

Terapi mengapung biasanya dilakukan dalam sebuah tangki tertutup yang kedap suara dan bercahaya redup. Tangki kemudian diisi air hangat dan garam Epsom yang mengandung magnesium sulfat. Tujuan utama dari menambahkan garam Epsom sebenarnya agar tubuh dapat mengapung lebih mudah. Namun, garam ini juga dapat memberikan beragam manfaat bagi tubuh.

Sama seperti meditasi, terapi mengapung dipercaya dapat mengurangi rangsangan sensorik berupa suara dan cahaya serta mengalihkan pikiran dari dunia luar. Saat berada dalam tangki, Anda juga harus fokus pada diri sendiri agar manfaat yang diperoleh pun semakin maksimal. Berikut ini adalah beberapa manfaat terapi mengapung untuk kesehatan yang dapat Anda peroleh:

Mengurangi kecemasan dan stress

Manfaat utama terapi mengapung adalah meredakan kecemasan dan stres. Suasana yang redup dan sunyi selama menjalani terapi dipercaya bisa membuat pikiran tetap fokus dan tubuh lebih rileks, sehingga rasa cemas dan stres pun dapat berkurang.

Dalam sebuah penelitian, terapi mengapung juga diketahui dapat meringankan gejala migrain dan meredakan berbagai gangguan mental, seperti PTSD, gangguan panik, agoraphobia, dan depresi.

Meningkatkan kualitas tidur

Terapi mengapung merupakan pilihan yang dapat Anda coba bila memiliki gangguan tidur. Dalam sebuah penelitian, terapi mengapung dapat meredakan masalah tidur, seperti insomnia, yang dipicu oleh stres, kecemasan, atau depresi.

Mengurangi rasa sakit

Manfaat terapi mengapung lainnya adalah mengurangi rasa sakit, misalnya pada kondisi sakit kepala dan nyeri otot. Posisi mengapung memungkinkan otot di seluruh tubuh mengendur sehingga membuat tubuh lebih rileks.

Selain itu, kandungan magnesium dalam garam Epsom juga mampu mengurangi otot yang tegang. Manfaat ini pun didukung oleh sebuah studi yang menunjukkan bahwa terapi mengapung dapat mengurangi intensitas nyeri dan mempersempit area nyeri.

Mengurangi pembengkakan

Selain mengurangi rasa sakit, mengapung dalam air yang mengandung garam Epsom juga bisa mengurangi pembengkakan dan radang sendi, berkat kandungan magnesium di dalam garam tersebut, posisi mengapung juga dapat mengurangi tekanan pada sendi.

Selain manfaat di atas, terapi mengapung juga dianggap bisa meningkatkan imunitas, meredakan kekakuan leher, melancarkan sirkulasi darah, meningkatkan fungsi otak, serta sebagai terapi pemulihan cedera bagi atlet. Meski banyak manfaat yang dapat diperoleh dari terapi mengapung, terapi ini tidak dapat dilakukan oleh semua orang.

Bagi yang menderita penyakit jantung, mengalami claustrophobia, atau memiliki riwayat kejang, tidak disarankan untuk mengikuti terapi ini. Selama melakukan terapi mengapung, jangan lupa gunakan penutup telinga dan mata, lalu mandi sebelum dan setelah menjalani terapi. Jika Anda memiliki luka, sebaiknya tunda terapi sampai luka benar-benar sembuh.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
26,900SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles