25.2 C
Jakarta
Thursday, July 11, 2024

Cara Membersihkan Layar Televisi Anda Agar Tetap Kinclong dan Bersih

Saat berada di rumah, banyak waktu yang kita habiskan di depan layar televisi. Karena itu, sangat penting untuk menjaganya tetap bersih.  Agar gambar dari layar televisi bisa dilihat secara jelas, pembersihan wajib dilakukan setiap minggu. Jika tumpahan cairan atau cipratan makanan maka harus segera dibersihkan.

Saat membersihkan televisi, jangan lupa bersihkan juga bagian kabel speaker, komponen game atau kontrol, serta remote, yang bisa berpeluang menjadi sarang debu.  Sebelum mulai proses pembersihan, harus diingat jangan pernah menyemprotkan pembersih jenis apa pun, termasuk air biasa, langsung ke semua televisi layar datar. Kelembaban yang berlebihan atau bahan kimia pembersih dengan konsentrat tinggi dapat merusak layar secara permanen. Layar Televisi Anda bisa memulai pembersihan dengan mematikan layar televisi.

Layar gelap memudahkan untuk melihat debu di permukaan. Pastikan layar stabil sebelum dibersihkan. Gunakan kemoceng atau kain mikrofiber bersih untuk membersihkan bagian depan layar televisi. Jangan memberikan tekanan berlebihan karena layar dapat retak. Bila pada layar terdapat jejak sidik jari, Anda bisa menggunakan kain mikrofiber. Berikan tekanan lembut pada area tersebut sampai bekas sidik jari tersebut hilang.  Jika sisa makanan berceceran di layar, basahi sedikit kain mikrofiber dengan air biasa dan bersihkan Segera keringkan tersebut engan kain mikrofiber yang kering dan bersih. Setelah layar bebas debu, jangan lupakan bersihkan bagian atas, samping, dan belakang televisi. Pastikan bagian ventilasi televisi bebas debu sehingga panas dapat keluar dengan mudah.

Komponen Televisi Lain

televisi
gambar istimewa

Jika Anda memiliki speaker eksternal, bersihkan dengan baik. Lint roller merupakan alat yang tepat untuk mengangkat debu yang banyak terdapat di bagian depan speaker.  Remote televisi dan stik game jangan luput dari pembersihan. Benda ini mengandung banyak bakteri sehingga harus dibersihkan setiap hari.  Keluarkan baterai dan tutup kompartemen baterai.

Ketuk remote dengan lembut di atas meja untuk menghilangkan sisa debu.  Lap remote dengan kain mikrofiber yang sedikit dibasahi dengan alkohol atau gunakan tisu disinfektan yang aman untuk digunakan pada elektronik. Biarkan remote mengering dengan sendirinya, lalu masukkan kembali baterai. Jika Anda memiliki televisi dengan layar tabung, langkah pembersihannya sangat mirip. Meskipun layar tabung kaca dapat menahan sedikit kelembapan, jangan pernah menyemprotkan apa pun langsung ke layar.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
26,900SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles