26.7 C
Jakarta
Wednesday, July 10, 2024

Cara Cegah Hepatitis Akut dengan Mencuci Tangan yang Baik dan Benar

Orang tua diimbau untuk semakin waspada akan penyakit hepatitis akut yang banyak menyerang anak. Salah satunya adalah dengan cara membiasakan anak rutin mencuci tangan.

Ikatan Dokter Indonesia (IDI) wilayah Jawa Timur, lewat rilisan buku sakunya, menyebut ada beberapa pencegahan umum, termasuk mencuci tangan dengan sabun.

Para ahli menduga Adenovirus merupakan pemicu hepatitis akut, khususnya Adenovirus tipe 41. Menurut Morbidity and Mortality Weekly Report yang dirilis CDC, Adenovirus tipe 41 menyebar lewat rute fekal-oral atau tinja ke mulut.

Mencuci tangan jadi salah satu jalan memutus rantai penularan. Tanpa disadari, tangan adalah ‘alat transportasi’ berbagai jenis kuman penyakit.

Anak-anak, misalnya, bermain di luar rumah lalu memakan camilan tanpa mencuci tangan atau kurang bersih saat mencuci tangan. Hal ini akan membuat kuman-kuman, termasuk virus dan bakteri, akan berpindah dari tangan ke mulut.

Cuci tangan dengan sabun dan air

gambar istimewa

 

Usahakan mencuci tangan dengan sabun dan air. Meski kini terdapat hand sanitizer yang praktis digunakan, tetap gunakan air dan sabun jika memungkinkan.

Langkah mencuci tangan yang benar

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), ada enam langkah mencuci tangan untuk memastikan tangan benar-benar bersih yakni:

– Basahi tangan dan ratakan sabun pada kedua tangan;
– Gosok punggung tangan dan sela-sela jari secara bergantian;
– Gosok jari-jari bagian dalam;
– Gosok telapak tangan dengan cara jari-jari tangan kanan mengait dengan jari-jari tangan kiri;
– Bersihkan ibu jari dengan cara genggam ibu jari lalu gosok memutar;
– Gosok ujung jari-jari tangan kanan pada telapak tangan kiri dan lakukan bergantian.

Langkah-langkah ini akan memakan waktu sekitar 40-60 detik. Anda tidak disarankan mencuci tangan kurang dari 30 detik.

Cuci tangan di enam momen kritis

Cuci tangan dengan air dan sabun yang benar terutama diperlukan di enam momen kritis. Beberapa waktu yang tepat untuk mencuci tangan adalah sebelum makan, sebelum mengolah dan menghidangkan makanan, sebelum menyusui, sebelum memberi makan bayi atau balita, sesudah buang air besar atau kecil, dan sesudah memegang hewan atau unggas.

Lakukan cuci tangan sebelum dan sesudah makan ya! Dan juga jangan lupa saat setelah beraktifitas, agar tangan bersih dari kuman dan bakteri!

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
26,900SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles