23.5 C
Jakarta
Friday, July 12, 2024

Jaga Daya Tahan Tubuhmu Agar Kuat dengan Makan Makanan Terbaik

Anda memang bukan atlet dengan tuntutan performa maksimal di lapangan. Namun, berbagai macam aktivitas tak pelak menuntut daya tahan yang prima.
“Daya tahan mengacu pada kemampuan untuk mempertahankan aktivitas tertentu dalam jangka waktu lama,” ujar ahli gizi olahraga Marie A. Spano, seperti dikutip dari Livestrong.

Kalau Anda merasa lelah padahal hanya melakukan aktivitas ringan, berarti daya tahan terbilang rendah. Namun, tak perlu khawatir, sebab jenis makanan berikut bakal dukung daya tahan Anda.

Oatmeal

gambar istimewa

Spano mengatakan, karbohidrat adalah sumber energi nomor satu untuk meningkatkan daya tahan. Sebaiknya, pilih sumber karbohidrat kompleks yang memiliki lebih banyak keunggulan daripada karbohidrat sederhana.

“Karbohidrat kompleks, khususnya, dicerna perlahan dan menyediakan energi lebih lama. Kebanyakan karbohidrat yang Anda konsumsi sebaiknya diambil dari makanan-makanan ini. Steel-cut oat adalah contoh baik,” katanya.

Steel-cut oat kaya akan kandungan serat. Selain itu, kandungan zat besinya mampu memenuhi 10 persen dari kebutuhan harian. Zat besi terbukti jadi salah satu nutrisi penting untuk mendukung daya tahan.

Selain oatmeal, karbohidrat kompleks bisa diperoleh dari quinoa, roti biji-bijian, pasta dari biji-bijian utuh, barley (sejenis gandum), beras cokelat, dan beras merah.

Bit

gambar istimewa

Sebagian atlet mengonsumsi jus bit atau serbuk bit untuk melengkapi asupan nutrisi mereka. Bukan tanpa alasan, sebab bit telah terbukti bermanfaat untuk kinerja atletik.

“Bit kaya akan nitrat yang meningkatkan kadar oksida nitrat dalam darah dan telah dikaitkan dengan peningkatan kapasitas pembawa oksigen darah, meningkatkan fungsi paru-paru dan meningkatkan kontraksi otot,” jelas Andy Page, pelatih kekuatan otot.

Tempe

gambar istimewa

Pastikan Anda menyisipkan pangan sumber protein dalam diet harian. Studi yang diterbitkan di jurnal Medicine & Science in Sports & Exercise menemukan protein akan mendorong daya tahan.

“Temuan menunjukkan bahwa asupan protein yang lebih tinggi dari yang biasa dikonsumsi atlet tidak hanya memungkinkan lebih banyak protein dipertahankan untuk mendukung pemulihan dari latihan, tetapi juga bahwa atlet umumnya lebih kuat dan lebih cepat selama uji coba waktu lima kilometer,” kata Eric Williamson, penulis utama dalam studi, seperti dikutip dari Medical Xpress.

Ada berbagai jenis pangan sumber protein, baik nabati maupun hewani. Misalnya tempe, lentil, dada ayam, tuna, telur, dan yogurt.

Kacang-kacangan

gambar istimewa

Kacang-kacangan memberikan asupan karbohidrat kompleks dan protein. Dalam sekali makan, dua nutrisi penting untuk daya tahan bisa diperoleh sehingga tubuh tidak mudah lelah, membantu pembentukan otot serta membantu pemulihan.

Kacang-kacangan bisa dijadikan alternatif camilan, misalnya kacang tanah, kacang mete, walnut, almond, dan kacang polong.

Buah Kering

 

gambar istimewa

Selain kacang-kacangan, buah kering pun bisa dijadikan alternatif camilan sehat untuk mendukung daya tahan. Buah kering mengandung zat besi yang penting buat pembentukan energi dan daya tahan.

“Zat besi adalah komponen vital hemoglobin, yang membuatnya jadi mineral penting yang diperlukan tubuh untuk mengangkut oksigen sehingga sel kita bisa memproduksi energi,” kata Julia Zumpano, ahli diet, seperti dikutip dari Cleveland Clinic

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
26,900SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles