30.1 C
Jakarta
Tuesday, July 9, 2024

Asal-usul Sayur Brokoli, Sayuran Kubis Hijau yang Bisa Cegah Kanker

Brokoli atau Brassica oleracea italica adalah sayuran kubis berwarna hijau tua yang bentuknya seperti kembang kol. Sayur ini terdiri dari batang berukuran tebal dan kelompok daun hijau menyerupai bunga yang berumpun.

Brokoli merupakan hasil rekayasa dari kerabat kubis yang dilakukan oleh orang Etruria, yaitu kelompok orang jenius di bidang tanaman pada peradaban Italia Kuno. Brokoli berasal dari bahasa Italia broccolo yang artinya “puncak bunga kubis” dan bahasa Latin brachium yang berarti lengan, cabang, atau pucuk. Sayuran ini sudah dianggap sebagai makanan yang sangat berharga oleh orang Italia sejak Kekaisaran Romawi.

Dari mana brokoli berasal?

brokoli
Gambar Istimewa

Brokoli berasal dari wilayah Mediterania dan dibudidayakan di Italia pada zaman Romawi Kuno. Seiring waktu, brokoli mulai dibudidayakan secara komersial di California, Amerika Serikat.

Budi daya brokoli sebagai barang komersial sudah dimulai pada tahun 1500-an, tetapi pada saat itu brokoli belum menjadi bahan makanan populer di Amerika Serikat.  Hingga akirnya pada awal 1920-an brokoli mulai dilirik sejak Imigran Italia Selatan membawanya ke Amerika Serikat. Amerika Serikat terkenal sebagai produsen brokoli terbesar di dunia dan negara bagian penghasil brokoli terkemuka adalah California.

Manfaat brokoli untuk kesehatan, bisa cegah kanker

brokoli
Gambar Istimewa

Selain bentuknya yang unik, brokoli juga merupakan sayuran yang kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan. , Tubuh manusia memproduksi radikal bebas selama terjadinya proses metabolisme. Radikal bebas akan menjadi racun bagi tubuh apabila menumpuk dalam jumlah yang besar. Penumpukan radikal bebas di dalam tubuh dapat menyebabkan kerusakan sel, sehingga dapat mengakibatkan munculnya kanker dan kondisi buruk lainnya.

Brokoli merupakan sayuran antioksidan yang dapat membantu mengurangi bahkan mengatasi penumpukan radikal bebas di dalam tubuh, sehingga terkenal sebagai bahan makanan yang bisa mengatasi berbagai penyakit, salah satunya kanker. Beberapa ilmuwan juga mangatakan bahwa sayuran seperti brokoli dapat berperan sebagai kemoterapi alami untuk membantu mencegah kanker.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
26,900SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles