25.6 C
Jakarta
Monday, July 8, 2024

Jus Buah yang Cocok untuk Atasi Sembelit

sarapan merupakan hal yang wajib dilakukan jika tidak ingin merasa lemas atau kurang konsentrasi dalam bekerja. Namun, tidak sedikit juga orang yang menghindari kegiatan sarapan hanya karena tidak ingin merasa kantuk selama beraktivitas. Jika Anda selalu sarapan dengan menu berat, seperti nasi jangan lupa untuk mengimbanginya dengan mengkonsumsi buah-buahan. Anda dapat membuat jus buah untuk pendamping sarapan. Bahkan buah dapat membantu atasi sembelit.

Jus Semangka

gambar istimewah

Jenis buah yang satu ini mengandung banyak air dan serat sehingga, mampu atasi sembelit. Anda dapat mengkonsumsinya secara langsung atau bahkan di jus. Namun, ada beberapa orang yang lebih nikmat jika dijadikan sebagai salad dengan campuran buah lainnya. Semua dapat disajikan sesuai selera Anda untuk menikmatinya.

Jus Apel

gambar istimewah

Apel mengandung sorbitol yang berfungsi membantu dan mengatur pencernaan usus besar agar lebih lancar. Apel juga memberi tambahan mineral dan serat yang dibutuhkan pencernaan. Bahkan, zat besi yang terkandung di dalam apel dapat juga memberikan kekuatan tambahan pada tubuh. Cobalah Anda mengkonsumsi buah-buahan di pagi hari untuk dijadikan menu sarapan.

Jus Mangga

gambar istimewah

Selain memberikan kesegaran, ternyata buah mangga dapat membantu atasi sembelit. Sebab, buah yang satu ini memiliki banyak kandungan vitamin seperti, vitamin c, kalium, dan betakaroten. Jika Anda mengkonsumsi buah mangga secara rutin tidak hanya dapat manfaat melancarkan pencernaan saja, melainkan dapat membantu menutrisi kulit hingga rambut. Selain itu, dapat juga mencegah penyakit jantung, mencegah dehidrasi, hingga dapat mengontrol tekanan darah. Inilah rahasia di balik buah mangga.

Jus Nanas

gambar istimewah

Nanas mengandung enzim yang bernama bromelain. Berfungsi untuk membantu memperbaiki fungsi usus dan mengatur kelancaran buang air besar. Mineral dalam nanas juga dapat membuat pencernaan jadi lancar. Anda dapat mengkonsumsinya secara langsung atau bahkan di jus agar lebih mudah dikonsumsinya.

Jangan lupa jika ingin mengkonsumsi secara langsung, untuk direndam dengan air garam. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan getah dari buah nanas sendiri. Sebab, jika nanas dikonsumsi secara langsung akan membuat lidah gatal, serta keluhan mulut lainnya. Untuk mencegah hal ini terjadi, ada baiknya membersihkan semua sebelum memutuskan untuk mengkonsumsi.

Jus Tomat

gambar istimewah

Mengkonsumsi jus tomat juga bisa mengatasi sembelit atau susah buang air besar yang sedang dialami. Sebab, kandungan serat dan mineral dalam sebuah tomat cukup tinggi. Selain itu tomat dapat melindungi fungsi hati. Jadi jika pencernaan lancar, maka wasir dan sembelit tidak akan terjadi. Anda dapat mencobanya dengan dikonsumsi secara langsung atau bahkan dijadikan minuman seperti jus.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
26,900SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles