26.1 C
Jakarta
Thursday, April 18, 2024

Makanan Ini Sebabkan Asam Urat, Kolesterol, Diabetes dan Perut Buncit

Tahukah kamu kalau asam urat, kolesterol dan diabetes disebabkan karena makanan lezat yang kita nikmati setiap hari. Menurut ahli herbal dr. Zaidul Akbar, setidaknya ada 4 makanan lezat penyebab asam urat, kolesterol, diabetes bahkan perut buncit. Keempat makanan penyebab asam urat dan kolesterol itu termasuk makanan favorit orang Indonesia.

Makan nasi putih

gambar istimewah

Meski mengeyangkan, ternyata nasi putih juga mengandung kalori yang sangat tinggi. Alhasil, berat badan bisa naik drastis jika nasi putih dikonsumsi secara berulang kali. Parahnya, nasi putih tak hanya sebabkan perut buncit dan kenaikan berat badan. Dr. Zaidul Akbar mengatakan, nasi putih mengandung zat asam yang sangat berbahaya. Zat tersebut bisa memicu nyeri dan peradangan akibat asam urat. Selain memicu asam urat, nasi putih bisa sebabkan diabetes atau penyakit gula.

Sejatinya, nasi putih mengandung beragam nutrisi yang amat diperlukan tubuh.Nutrisi berupa vitamin, dan beragam serat, tersimpan baik dalam sebutir beras putih. Namun karena beragam proses pengolahan termasuk penggilingan, nasi putih akhirnya kehilangan semua nutrisi baik.

Jadi, jangan heran kalau banyak masalah kesehatan timbul setelah mengonsumsi nasi putih. Sebaiknya ganti nasi putih dengan karbohidrat komplek seperti kentang, ubi juga talas.

Makan gula pasir

gambar istimewah

Kebiasaan berikutnya yang juga sulit dihentikan adalah mengonsumsi gula pasir. Kita tahu, gula pasir merupakan penyebab utama diabetes. Bahkan, orang-orang cenderung ketagihan kala mengonsumsi gula pasir. Sebuah fakta mengejutkan diungkap Dr. Zaidul Akbar, ternyata gula pasir memang sebabkan kecanduan. Ngerinya, orang yang kecanduan gula pasir bisa mengalami sakau 8 kali lebih parah dari pecandu kokain.

Makan tepung-tepungan

gambar istimewah

Dr. Zaidul Akbar mengatakan, makan tepung-tepungan seperti mie ataupun kue, juga sebabkan perut buncit. Tak hanya sebabkan perut buncit, makanan berbahan dasar tepung juga bisa memicu adam urat, kolesterol bahkan diabetes. Sebab, tepung mengandung kalori yang sangat tingg.

Hari ini, beragam makanan lezat diolah dari tepung-tepeungan yang mengandung tinggi kalori. Jika dikonsumsi secara terus menerus, kalori dalam tepung akan menumpuk dan sebabkan perut buncit. Alhasil, berat badan naik drastis dan penumpukan lemak terjadi diseluruh tubuh kata Dr. Zaidul Akbar.

Makan gorengan

gambar istimewah

Kita semua tahu, gorengan merupakan makanan yang mengandung tinggi kalori, apalagi gorengan diolah dari tepung-tepungan. Kebiasaan mengonsumsi gorengan amat sulit dihentikan, terutama bagi kita yang kerap jajan bakwan. Menurut Dr. Zaidul Akbar, ada dua hal yang jadi penyebab perut buncit dari gorengan.

Selain tepung, minyak juga jadi akar masalah perut buncit. Apalagi minyak kelapa mengandung lemak jenuh yang bisa sebabkan penumpukan lemak dalam tubuh. Jika keseringan mengonsumsi makanan yang diolah menggunakan penggorengan, efeknya sangat fatal. Dr. Zaidul Akbar menyebabkan, minyak goreng bisa sebabkan asam urat hingga kolesterol tinggi.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
26,500SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles