26.1 C
Jakarta
Thursday, March 28, 2024

Ternyata Ini Asal-usul Nama Boneka Barbie yang Sampai Sekarang Masih Banyak Dimainkan,

Teman-teman pasti sudah tidak asing dengan boneka barbie. Boneka ini pertama kali muncul pada tahun 1959 dan menjadi boneka pertama yang diproduksi secara masal di Amerika Serikat.

Tapi tahukah teman-teman asal nama barbie pada boneka berambut pirang ini?

Boneka ini pertama kali muncul di American Toy Fair di New York City pada 9 Maret 1959. Mainan ini memiliki bentuk seperti remaja perempuan dengan rambut pirang. Dibuat dengan tinggi sekitar 28 cm, boneka ini berhasil menarik minat banyak anak-anak.

Bahkan dalam perkembangannya, barbie menjadi mainan yang terkenal di seluruh dunia. Di balik populernya, ternyata ada cerita menarik dari nama hingga alasan dibuatnya boneka barbie.

Untuk mengetahui kisah boneka ini, simak penjelasan berikut, yuk!

Pencipta Boneka Barbie

Boneka Barbie
gambar istimewa

Boneka barbie diciptakan oleh seorang perempuan bernama Ruth Handler.

Bukan hanya perempuan biasa, Handler merupakan salah satu pendiri Mattel, Inc yang merupakan perusahan mainan besar yang berdiri pada tahun 1945. Bersama suaminya Handler memproduksi banyak mainan yang terkenal, termasuk barbie.

Boneka ini dibuat setalah Handler melihat anaknya yang enggan bermain dengan boneka bayi yang diberikan. Anaknya justru lebih tertarik pada boneka kertas yang bergambar remaja perempuan.

Dari hal itu, ia mendapat ide membuat sebuah maninan untuk anak-anak perempuan. Handler menyadari bahwa anak-anak sudah mulai mengimajinasikan tentang masa depan melalui mainan.

Dari itu, dibuatlah barbie sebuah boneka dengan bentuk remaja perempuan.

Asal Nama Boneka Barbie

Boneka Barbie
gambar istimewa

Dalam pembuatan boneka barbie Handler menggunakan model pada tokoh boneka bernama Lili.

Boneka Lili ini sangat populer di kalangan anak-anak, yang akhirnya hak ciptanya dibeli oleh Mattel. Mattel pun membuat versi baru dari boneka Lili yang kemudian diberi nama barbie.

Nama barbie sendiri sebenarnya diambil dari nama anak perempuan Handler yaitu Barbara. Peluncuran boneka barbie pada tahun 1959 ternyata mendapat sambutan baik. Boneka itu diminati banyak anak hingga pada tahun 1961, Mattel memutuskan untuk mengeluarkan produk baru.

Mereka mengeluarkan produk boneka dengan bentuk remaja laki-laki sebagai pasangan barbie. Boneka itu diberi nama ken, yang juga merupakan nama anak laki-laki Handler, yaitu Ken.

Barbie adalah salah satu jenis boneka yang banyak dikoleksi. Popularitas boneka ini pun terus meningkat, bahkan masih dikenal hingga sekarang.

Bukan hanya popularitasnya yang terus ada, boneka ini juga banyak mengalami pengembangan dari bentuk dan tokoh. Bahkan tokoh boneka barbie ini juga memiliki banyak film dengan alur cerita yang berbeda-beda, lo.

Nah, itu tadi asal nama boneka barbie yang terkenal di seluruh dunia.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
26,400SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles