26 C
Jakarta
Saturday, July 13, 2024

Penyebab dan Cara Mengatasinya TV Digital Hilang Sinyal, Dijamin Mudah!

TV digital hilang sinyal atau tidak keluar siaran televisinya sering ditemui bagi yang baru saja beralih ke TV digital. Beralih dari TV Analog ke TV digital seringkali terkendala hilang sinyal atau tak bisa menayangkan siaran TV digital.

Beberapa perangkat diketahui bisa menyebabkan sinyal TV digital hilang atau gambar kurang jernih. Seperti diketahui peralihan siaran TV analog ke siaran TV digital merupakan amanat Undang-undang Cipta Kerja. Pada UU Cipta Kerja, Pasal 72 angka 8 disebutkan batas akhir penghentian siaran televisi analog atau Analog Switch Off (ASO) paling lambat dua tahun sejak diundangkan.

Batas akhir tersebut dicapai secara bertahap. Ada tiga tahapan pengakhiran menurut Peraturan Menteri Kominfo No. 6 tahun 2021 (yang telah direvisi dengan Peraturan Menteri Kominfo No. 11/2021) tentang Penyelenggaraan Penyiaran.

Tahap pertama, 30 April 2022, tahap kedua 25 Agustus 2022, dan tahap terakhir 2 November 2022. Saat ini pemerintah melalui Kominfo sudah mulai menghentikan siaran TV analog di sejumlah wilayah. Karena itu, migrasi ke TV digital harus dilakukan untuk tetap dapat menikmati siaran televisi.  Ada beberapa hal yang menyebabkan TV digital hilang sinyal, atau sulit menangkap sinyal, bahkan gambar kurang jernih.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut penyebab TV digital hilang sinyal dan cara mengatasinya. Simak artikel ini sampai selesai!

Antena UHF

TV Digital
gambar istimewa

TV digital hilang sinyal biasanya disebabkan oleh antena TV digital yang digunakan.Periksa apakah antena yang dipakai memiliki kualitas yang bagus atau tidak agar dapat menangkap sinyal TV digital dengan baik. Solusinya perbaiki antena dan pemasangan kabel harus yang benar. Atau dengan membeli antena dan kabel yang bagus.

Kabel Antena

TV Digital
gambar istimewa

Kabel antena yang sudah rapuh atau sudah rusak juga bisa menyebabkan TV digital tidak bisa menangkap siaran. Hal ini karena meski sudah TV digital, kita masih memerlukan antena UHF untuk menangkap sinyal TV digital. Jika mendapati kabel antena yang rapuh atau rusak, solusinya adalah mengganti kabel antena yang baru dan pastikan kualitas kabelnya bagus.

Daerah atau Lokasi

TV Digital
gambar istimewa

Daerah dengan dataran tinggi atau perkotaan terkadang malah susah mendapatkan sinyal TV digital. Hal itu terjadi karena jaringan yang terlalu rendah atau kurang bagus. Sehingga menghambat sinyal siaran televisi.

Arah Antena

TV Digital
gambar istimewa

Memasang antena yang kurang tepat juga bisa menjadi penyebab TV digital hilang atau tidak penerimaan sinyal kurang bagus.Karena itu sebaiknya arahkan antena menuju stasiun televisi yang tepat, khususnya di jaringan yang bagus. Selain itu, kita bisa meninggikan antena yang terpasang agar jangkauannya lebih luas.

Itulah penyebab yang sering dialami dari TV digital hilang sinyal, susah menerima siaran atau gambar yang dihasilkan kurang jernih.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
26,900SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles