25.2 C
Jakarta
Thursday, July 11, 2024

Makanan yang Harus Disantap Ketika Kurang Tidur

Ketika seseorang kekurangan waktu tidur, sudah dapat dipastikan akan mengalami rasa kantuk yang luar biasa. Biasanya, orang yang merasakan kantuk cenderung lebih memilih kopi untuk menghilangkan atau cara meredakan kantuk. Tapi, tahukah Anda tidak semua rasa kantuk dapat diatasi dengan hanya meminum kopi. Melainkan Anda harus makan makanan yang memiliki nilai asupan gizi baik.

Oatmeal

gambar istimewah

Cobalah untuk mengkonsumsi oatmeal ketika Anda merasa kantuk yang luar biasa. Bisa jadi dalam tubuh Anda kekurangan beberapa jenis asupan nutrisi yang terdapat dalam biji-bijian. Ketika Anda mengkonsumsi oatmeal, kandungan protein yang dihasilkan dari biji-bijian seperti gandum akan lebih lama bertahan di pencernaan. Sebab kandungan karbohidrat yang kompleks akan menambahkan tenaga selama Anda beraktivitas. Berbeda dengan nasi, yang cenderung lebih cepat menimbulkan rasa lapar. Kelebihannya lagi oatmeal tidak akan menambahkan gula dalam tubuh sehingga tidak akan membuat Anda merasa lemas dan kantuk. Dengan begitu, oatmeal menjadi cara meredakan kantuk yang sehat dan tepat.

Buah-buahan

gambar istimewah

Cara meredakan kantuk yang satu ini sangat mudah dilakukan, Anda cukup mengkonsumsi buah-buahan untuk memenuhi kebutuhan karbo dan gula dalam tubuh. Terutama jika Anda mengkonsumsi buah mangga. Anda dapat mengkonsumsi buah mangga ketika rasa kantuk mulai dominan. Ditambah dengan rasa manis alami sehingga jauh lebih menyehatkan daripada Anda mengkonsumsi es krim atau makanan manis lainnya.

Kacang-kacangan

gambar istimewah

Anda juga dapat mengkonsumsi kacang-kacangan ketika merasa kantuk. Cara meredakan kantuk dengan mengkonsumsi kacang mede ini merupakan alternatif yang dapat dilakukan. Sebab kandungan lemak tidak jenuh dalam kacang mede akan menekan hormon pemicu stress dan menstabilkan mood Anda. Selain itu mengkonsumsi kacang mede akan membuat Anda lebih kenyang tanpa memicu kenaikan gula darah.

Makanan Olahan Telur

gambar istimewah

Anda juga dapat mengkonsumsi telur sebagai cara meredakan kantuk. Mengapa telur? Sebab, saat tubuh lelah dan sel-sel otot juga ikut lelah yang dibutuhkan adalah protein yang cukup. Maka sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi telur. Sebab mengandung asam lemak seperti EPA dan DHA akan diolah menjadi senyawa yang dibutuhkan. Selain itu, Anda juga dapat mengkombinasikan telur dengan beragam sayuran lainnya, sehingga gejala kekurangan zat besi atau anemia akibat kelelahan dapat dihindari.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
26,900SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles