28.2 C
Jakarta
Tuesday, July 9, 2024

Cara Memperbanyak Tanaman Lidah Mertua, Bisa Pakai Air

Lidah mertua adalah salah satu tanaman hias populer dan mudah ditanam. Namun demikian, tahukah Anda bahwa lidah mertua juga mudah diperbanyak? Dilansir Better Homes & Gardens, Kamis (26/5/2022), daun lidah mertua yang bentuknya seperti pedang mudah berakar di air atau tanah dan membelah adalah pilihan yang bagus untuk memperbanyak tanaman yang ukurannya besar.

Yang Anda butuhkan untuk memperbanyak tanaman lidah mertua adalah waktu, pisau tajam atau pemangkas, tanah pot, dan air. Beberapa tips sederhana akan memastikan tanaman muda tumbuh subur, menyediakan banyak tanaman baru untuk ditambahkan ke koleksi tanaman hias indoor Anda, atau Anda dapat memberikannya pada teman.

Perakaran tanaman lidah mertua baru membutuhkan waktu beberapa bulan, tetapi penantiannya tidak sia-sia, terutama saat Anda mulai melihat tunas baru muncul. Pola dedaunan yang unik, seperti daun berbintik-bintik atau tepi daun emas, biasanya hilang ketika tanaman ular diperbanyak dengan stek.

Pemotongan daun beraneka ragam akan berakar dan kemudian tunas atau anak baru yang muncul biasanya berwarna hijau pekat. Tanaman lidah mertua hijau padat adalah tanaman hias yang bagus. Namun, ketahuilah bahwa pemotongan tidak akan menghasilkan replika tanaman induk.

Untuk mendapatkan tanaman baru yang terlihat persis seperti tanaman induk, pembagian adalah cara yang harus dilakukan. Membagi tanaman lidah mertua akan memberi Anda tanaman baru yang memiliki warna daun yang sama dengan tanaman aslinya. Berikut beberapa cara memperbanyak lidah mertua yang bisa dengan mudah dilakukan.

Membagi tanaman

Pembagian melibatkan pemecahan tanaman menjadi beberapa bagian dan merupakan metode yang berguna untuk mengalikan tanaman ular yang lebih besar. Mulailah dengan mengeluarkan seluruh tanaman ular dari pot, akar, dan semuanya. Gunakan pisau tajam atau gunting untuk memotong bola akar yang kusut.

Ini bertujuan untuk membuat pembagian dengan setidaknya tiga daun dan akar yang menyertainya. Tanam setiap bagian dalam wadah yang berisi campuran pot tanaman hias. Sirami bagian tanaman dengan baik, biarkan air mengalir dengan baik. Tempatkan tanaman baru dalam pot di tempat yang terang namun tidak langsung. Siram saat tanah kering saat disentuh.

Stek akar dalam air

Perakaran stek tanaman lidah mertua alias memperbanyak lidah mertua di air semudah memasukkan daun ke dalam toples air bersih. Mulailah dengan memotong daun dari tanaman yang sudah mapan. Daun yang dipotong setidaknya harus setinggi 6 inci (daun yang lebih tinggi bahkan lebih baik).

Tempatkan ujung daun yang dipotong ke dalam stoples atau vas berisi air setinggi 3 inci.Letakkan toples di tempat yang terang dan segarkan airnya, bilas stoples, seminggu sekali. Akar akan terbentuk di dasar pemotongan dalam waktu sekitar dua bulan. Setelah akar terbentuk, tanam stek berakar dalam wadah berisi campuran pot tanaman hias.

Stek di tanah

Stek tanaman lidah mertua juga akan berakar dalam campuran pot yang lembap. Pertama, singkirkan daun dari tanaman yang sudah mapan, potong daun di pangkal tanaman dengan pemangkas atau pisau. Anda dapat memaksimalkan jumlah tanaman baru dengan memotong daun secara horizontal menjadi potongan 2 inci.

Buat potongan miring atau lekukan potongan daun untuk membantu Anda mengingat ujung mana yang “bawah” dan mana yang “atas”. Untuk mendorong perakaran dan mencegah pembusukan, celupkan ujung bawah setiap potongan daun ke dalam hormon perakaran. Tempatkan potongan sekitar setengah inci di dalam campuran pot yang lembab dan tempatkan wadah di tempat yang terang.

Jaga agar tanah tetap lembap, tetapi tidak basah. Setelah sekitar dua bulan, cobalah untuk mengangkat potongan dari tanah dengan perlahan. Jika stek keluar dari tanah, tanam kembali, dan lanjutkan menyiram saat tanah kering.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
26,900SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles