25.2 C
Jakarta
Wednesday, July 10, 2024

Trik Menyiram Tanaman Saat Musim Hujan

Tanaman hias semakin populer dalam beberapa tahun terakhir. Penting diingat bahwa kebutuhan tanaman harus terpenuhi agar tumbuh dan menghasilkan bunga yang indah. Salah satu kebutuhan tanaman termasuk penyiraman, yang mungkin tampak seperti tugas yang rumit, karena harus mempertimbangkan keadaan suhu dan lingkungan tanaman itu sendiri.

Misalnya, ketika musim hujan, frekuensi penyiraman tanaman harustanamn dikurangi agar tidak membuatnya terlalu banyak menerima air dan akhirnya layu dan mati. Karena pertumbuhan tanaman melambat di musim hujan, yang terbaik adalah mengurangi konsumsi airnya sampai musim panas.

Kate Lindley, Manajer Produk di Baby Bio, merek produk pakan dan perawatan tanaman hias di Inggris, yang dilansir Express.co.uk, Jumat (27/5/2022) selalu menguji keadaan tanah merupakan kunci saat menyiram tanaman di musim hujan.

Membantu pemilik tanaman untuk menghindari overwatering atau underwatering

Ini membantu pemilik tanaman untuk menghindari overwatering atau underwatering tanaman hias mereka. “Terkait menyiram tanaman di musim hujan, kuncinya adalah selalu menguji tanah terlebih dahulu untuk mencegah over atau underwatering,” kata Lindley. Dia juga menyarankan trik “pensil” untuk mencari tahu apakah sudah waktunya untuk menyirami tanaman hias.

“Alih-alih menyiram tanaman dengan jadwal sekali atau dua kali seminggu, Anda bisa masukkan jari atau pensil Anda ke dua inci atas tanah,” tutur Lindley. Dia juga menyarankan trik “pensil” untuk mencari tahu apakah sudah waktunya untuk menyirami tanaman hias.

“Alih-alih menyiram tanaman dengan jadwal sekali atau dua kali seminggu, Anda bisa masukkan jari atau pensil Anda ke dua inci atas tanah,” tutur Lindley.    Jika ini masih lembap, tidak perlu disiram.

Untuk menghindari menyiram tanaman secara berlebihan

Jika tanah kering di luar lapisan atas, aerasi tanah untuk memungkinkan distribusi air yang merata, sekali lagi menggunakan jari Anda atau sesuatu seperti pensil. Gunakan air bersuhu ruang Ini sangat penting untuk dipertimbangkan selama bulan-bulan musim hujan, ketika tanaman hias membutuhkan lebih sedikit air daripada di musim panas.

Menyiram dengan sedikit juga merupakan cara yang bagus untuk menghindari menyiram tanaman secara berlebihan. Seberapa sering tanaman hias membutuhkan air juga akan tergantung pada ukuran pot, tanah, kondisi cahaya, kelembaban dan seberapa hangat rumah. Lindley juga menyarankan pemilik tanaman hias untuk menghindari penggunaan air dingin saat menyiram tanaman mereka.

Harus memilih air suhu kamar sehingga tanaman hias tidak kaget

Sebaliknya mereka harus memilih air suhu kamar sehingga tanaman hias tidak kaget. “Jangan gunakan air dari keran dingin, karena bisa menjadi terlalu dingin selama bulan-bulan musim hujan dan mengejutkan sistem akar,” ungkapnya. Sebaliknya, gunakan air hangat dengan membiarkannya mencapai suhu ruang sebelum menyirami tanaman Anda. “Untuk memastikan Anda tidak memberi tanaman hias terlalu banyak air, cobalah menyiram dari bawah jika pot Anda memiliki lubang drainase,” ujar Lindley.

Lubang drainase di pot tanaman sangat bagus karena juga membantu menghindari tanaman hias menjadi tergenang air. Lindley juga menjelaskan bagaimana semua tanaman rumah bervariasi. “Beberapa tanaman, seperti kaktus dan sukulen, sangat sensitif terhadap air yang berlebihan, sementara spesies seperti pakis tidak suka menjadi kering,” tutup dia.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
26,900SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles