23.5 C
Jakarta
Friday, July 12, 2024

Bahan Alami yang Dapat Dijadikan Pupuk Tanaman

Pupuk adalah kunci untuk menyuburkan dan menyehatkan tanaman. Ada banyak jenis pupuk yang bisa digunakan, di antaranya pupuk kimia dan pupuk organik. Selain itu, Anda juga bisa membuat pupuk sendiri di rumah menggunakan bahan-bahan alami yang mudah ditemukan. Nah, dilansir dari Express Daily UK, Rabu (25/5/2022), berikut empat bahan alami yang bisa digunakan untuk membuat pupuk tanaman.

Garam epsom

gambar istimewa

Untuk membuat pupuk dari garam epsom, larutkan satu sendok makan garam epsom ke dalam lima liter air, kemudian kocok larutan secara menyeluruh, dan gunakan untuk menyiram tanaman.  Gunakan pupuk garam epsom ini sebulan sekali untuk menyiram tanaman selama musim tanam.

Garam epsom terdiri atas magnesium dan sulfat yang merupakan nutrisi penting bagi tanaman.  Beberapa tanaman yang menyukai magnesium adalah tanaman hias, mawar, paprika, tomat, dan kentang. Gunakan pupuk ini sebagai pengganti makanan tanaman mawar, pupuk nabati, atau makanan tanaman hias.

Ampas kopi

gambar istimewa

Lapisi selembar kertas tahan minyak dengan koran, lalu sebarkan ampas kopi bekas, dan biarkan ampas kopi benar-benar mengering. Setelah kering, taburkan tanah di sekitar pangkal tanaman yang menyukai asam. Ampas kopi berfungsi karena kaya akan nitrogen, magnesium, dan potasium yang merupakan nutrisi penting untuk tanaman.

Para ahli berkebun mengatakan ampas kopi secara alami juga bersifat asam sehingga dapat membantu meningkatkan keasaman tanah.  Azalea, mawar, rhododendron, dan blueberry hanyalah beberapa tanaman yang akan mendapat manfaat dari pupuk ampas kopi ini. Selain itu, ampas kopi dapat digunakan sebagai pengganti makanan tanaman mawar dan pengasaman tanah.

Cangkang telur

gambar istimewa

Letakkan cangkang telur di atas lemari untuk mengusir cicak. Setelah mengolah telur, jangan membuang cangkangnya. Cangkang telur bisa dimanfaatkan untuk membuat pupuk alami. Simpan cangkang telur dan biarkan mengering di udara untuk membuat pupuk yang bagus. Setelah kering, haluskan cangkang telur dengan blender sampai menjadi seperti tepung. Selanjutnya, taburkan cangkang telur di sekitar tanaman.

Cangkang telur hampir seluruhnya terdiri dari kalsium karbonat, yang merupakan bahan utama kapur pertanian. Cuka putih Cuka putih sangat bagus menyuburkan tanaman dan harganya sangat murah. Untuk membuat pupuk ini, gabungkan satu sendok makan cuka putih dan air, kemudian siram larutan ke tanaman.

Penyiraman ini bisa dilakukan setiap tiga bulan. Asam asetat dalam cuka putih bermanfaat meningkatkan keasaman tanah, tapi ini hanya cocok untuk tanaman yang menyukai asam. Cuka putih bisa digunakan sebagai pengganti pupuk tanaman hias, pupuk tanaman mawar, juga pengasaman tanah.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
26,900SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles