26.1 C
Jakarta
Thursday, March 28, 2024

Oleh-oleh Khas Serang Paling Populer

Salah satu provinsi di pulau Jawa adalah provinsi Banten yang terletak di ujung barat. Beribu kota Serang, provinsi ini tumbuh dan berkembang terutama di sektor industri dan pariwisata. Perairan Banten cukup produktif menghasilkan hasil laut yang dapat diolah menjadi berbagai macam penganan.

Banten memiliki berbagai tempat wisata, mulai dari wisata alam, wisata kota dan budaya, hingga wisata religi. Atraksi wisata yang utama adalah Taman Nasional Ujung Kulon yang sekaligus sebagai konservasi badak bercula satu.

Ketika pulang berkunjung dari Kota atau Kabupaten Serang, rasanya kurang lengkap jika tidak membawa pulang oleh oleh khas. Sama seperti daerah lainnya, Serang pun memiliki makanan khas yang bisa kamu bawa pulang untuk keluarga atau sahabat terdekat kamu.

Sambel Burog

gambar istimewah

Sambel Burog memiliki rasa yang unik, berbeda dengan jenis sambal lainnya, karena terbuat dari bahan kulit melinjo. Sambal ini cocok untuk dikonsumsi dengan aneka menu kuliner lainnya sebagai pelengkap lauk.

Pasung merah

gambar istimewah

Salah satu oleh-oleh khas Serang yang banyak diburu oleh para wisatawan adalah kue basah bernama pasung merah. Kue basah ini terbuat dari bahan berupa tepung sagu, tepung beras, santan, dan gula merah.

Pasung merah diolah dengan cara dikukus dan tampilannya terlihat agak kecoklatan, karena adonan dicampur dengan gula merah. Rasa dari kue khas Serang ini sangat manis dan legit, dan biasanya dikemas dengan daun pisang.

Kerupuk ikan

gambar istimewah

Bagi kamu para pecinta jajanan kerupuk, maka kerupuk ikan khas Serang bisa menjadi makanan yang tidak boleh terlewatkan. Kerupuk ikan khas Serang cocok untuk dijadikan sebagai camilan menemani waktu santai ataupun dijadikan sebagai lauk pendamping nasi.

Otak-otak

gambar istimewah

Menu kuliner selanjutnya yang cocok dijadikan oleh-oleh adalah Otak-Otak khas Pandeglang yang rasanya gurih dan nikmat. Otak-otak umumnya terbuat dari ikan tenggiri yang dicampur dengan tepung tapioka, santan, sedikit gula, dan bumbu-bumbu lainnya.

Gipang

gambar istimewah

Gipang merupakan makanan ringan bertekstur renyah yang terbuat dari ketan dengan rasa yang manis dan sedikit lengket. Makanan ini biasanya dikemas dalam plastik ataupun toples dan banyak dijual sebagai oleh oleh khas Serang.

Kamu bisa menemukan makanan manis ini di berbagai toko oleh-oleh yang ada di Serang dan harganya cukup terjangkau. Rasa manis Gipang muncul karena ketan diolah bersama dengan air gula.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
26,400SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles