31.3 C
Jakarta
Thursday, March 28, 2024

Pulau Kecil di Indonesia dengan Panorama Memikat

Liburan ke sebuah pulau yang indah menjadi impian banyak orang. Di Indonesia, biasanya Bali dan Lombok menjadi dua pulau favorit untuk dikunjungi saat liburan. Gak heran sih, kedua pulau ini memang juara banget. Baik itu pemandangannya, budaya, maupun keramahan penduduknya.

Tapi Indonesia bukan cuma punya Bali atau Lombok aja. Selain dua pulau itu, masih banyak banget pulau-pulau lain yang gak kalah pesonanya, termasuk pulau-pulau kecil dengan pemandangan mempesona berikut ini!

Pulau Bawah, Riau

gambar istimewah

Pulau Bawah bukan cuma dikelilingi pantai pasir putih yang cantik, tapi juga tiga laguna yang jarang banget bisa kita temukan di tempat lain.
Untuk mencapai Pulau Bawah, satu-satunya transportasi yang bisa digunakan adalah dengan naik seaplane selama 1 jam 30 menit dari Bandara Internasional Batam.
Nah karena aksesnya yang masih sulit, pulau ini jadi kurang familiar di kalangan banyak orang. Sisi positifnya, pantai dan alam di Pulau Bawah masih sangat terjaga, apalagi pihak pengelola hanya mengizinkan 70 pengunjung per harinya.

Meski terpencil, fasilitas di sini oke punya! Ada 35 cottage yang bisa kamu pilih untuk menginap, restoran dengan koki terbaik, bahkan kamu bisa spa di tengah laut. Aktivitas yang bisa dilakukan juga seru-seru seperti diving, snorkeling, naik kayak, atau sekadar bersantai sambil menikmati birunya lautan.

Pulau Nikoi, Riau

gambar istimewah

Masih di Riau, ada Pulau Nikoi yang juga punya pemandangan memesona. Saking memikatnya, pada tahun 2016 lalu, Pulau Nikoi mendapatkan predikat sebagai The Best Private Island dari sebuah media pariwisata dunia bernama Conde Nast Traveller.
Pulau dikelilingi oleh pantai berpasir putih dan hutan yang masih alami. Terdapat 48 cottage yang bisa disewa olehmu dengan fasilitas yang memadai. Lebih okenya lagi, semua fasilitas ini ramah lingkungan, lho!

Sayangnya, datang ke pulau cantik ini gak selalu mudah dilakukan. Bukan karena aksesnya yang sulit, melainkan karena pihak pengelola hanya menerima 42 tamu dalam sehari. Itu pun kadang harus waiting list dulu selama berbulan-bulan. Harus ekstra sabar, ya!

Pulau Manimbora, Kalimantan Timur

gambar istimewah

Berbeda dengan dua pulau sebelumnya, Pulau Manimbora adalah pulau kecil yang dibiarkan kosong oleh penduduk sekitar. Meski begitu, pemandangan di sini gak bisa dipandang sebelah mata.

Pantai putih dikelilingi lautan biru, ditambah pohon-pohon kelapa rimbun di tengah pulau terlihat sangat cantik.

Oh ya, jangan kaget kalau misalnya kamu menemukan tulang belulang manusia di sini. Pasalnya, meski dibiarkan kosong melompong, Pulau Manimbora masih sering dikunjungi oleh Suku Bajau untuk berbagai upacara adat, termasuk upacara pemakaman.

Pulau Gili Labak, Madura

gambar istimewah

Dibandingkan dengan Pulau Madura yang ada di sebelahnya, Pulau Gili Labak ini memang mini banget karena luasnya hanya mencapai 5 hektar. Tapi kalau soal pesona, Pulau Gili Labak jelas gak kalah dari pulau-pulau lain di Indonesia.

Sama seperti semua pulau di daftar ini, Pulau Gili Labak punya pantai pasir putih dengan lautan biru jernih. Namun pesona Gili Labak gak cuma itu aja. Pasalnya kehidupan bawah laut di pulau ini juga layak untuk dijelajahi.

Puas melakukan snorkeling, kamu bisa beristirahat di pinggir pantai sambil menikmati sunset di kejauhan. Menarik banget, kan?

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
26,400SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles