30.7 C
Jakarta
Friday, March 29, 2024

Cara Mengurangi Warna Hijau pada Daun Aglonema

Cara mengurangi warna hijau pada daun aglonema perlu diketahui oleh orang yang merawat tanaman hias tersebut. Pasalnya, tak sedikit pemilik aglonema yang mengeluhkan daun tanaman hiasnya tersebut didominasi warna hijau. Padahal, daun aglonema berwarna merah merona menjadi dambaan para pecinta tanaman hias yang pernah sangat populer itu.

Selain itu, daun yang didominasi warna hijau juga dapat merusak penampilan, khususnya bagi jenis aglonema berwarna merah, seperti suksom jaipong. Oleh sebab itu, banyak orang ingin mengurangi warna hijau dan mempertebal warna merah pada daun aglonema miliknya. Berikut ini cara mengurangi warna hijau pada daun aglonema:

Kurangi penggunaan pupuk daun

Cara membuat warna hijau pada daun aglonema tidak dominan yang pertama adalah dengan mengurangi penggunaan pupuk daun. Jenis dan bentuk pupuk daun apapun akan membuat daun aglonema memiliki warna hijau yang lebih dominan. Gunakan pupuk daun setiap sebulan sekali, kecuali aglonema sedang mendapat perawatan khusus agar daunnya cepat besar, subur, dan rimbun.

Apa yang harus dilakukan jika warna hijau tetap dominan? Saat penggunaan pupuk daun telah dikurangi namun warna hijau pada daun aglonema tetap dominan, berarti ada masalah dengan tanaman hias tersebut. Periksa tanaman secara menyeluruh, sebab bisa jadi aglonema terserang penyakit atau dalam kondisi stres.

Ada beberapa gejala yang menandakan aglonema sedang sakit, termasuk warna daunnya menjadi lebih hijau dan ukurannya pun mengecil atau kerdil. Saat aglonema sakit, warna hijau menjadi lebih dominan dibanding warna lain karena tanaman sedang berjuang untuk bertahan hidup. Selain itu, tambahkan vitamin B1 atau air cucian beras pada aglonema yang sakit agar kembali sehat dan lebih segar.

Beri pupuk kandang

Ketika mengurangi penggunaan pupuk daun, kesuburan aglonema pun terancam berkurang. Oleh sebab itu, tanaman hias tersebut butuh diberi pupuk kandang untuk menggantikan fungsi pupuk daun.

Tambahkan pupuk kandang ke media tanam aglonema ketika penggunaan pupuk daun dikurangi. Jika aglonema tidak diberi pupuk kandang ketika penggunaan pupuk daun dikurangi, lama-kelamaan daun aglonema menjadi mengecil atau kerdil.

Letakkan aglonema di tempat yang teduh

Cara terakhir untuk membuat daun aglonema tidak didominasi warna hijau adalah dengan meletakkannya di tempat teduh agar tenang dan tidak terkena masalah. Meletakkan aglonema di area panas membuat tanaman hias itu harus berusaha lebih keras untuk bertahan untuk hidup sehingga warna hijau pada daun akan lebih dominan.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
26,500SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles