Siapa yang tidak kenal semangka, salah satu buah yang mengandung banyak air dan bercita rasa manis. Banyak orang menyukai buah ini karena segar dan mengandung banyak gizi. Namun, tahukah Anda, fakta ilmiah yang tersembunyi di balik kesegarannya. Berikut ini beberapa ulasan mengenai fakta menarik buah semangka.

Mengandung likopen

Fakta menarik nan penting tentang semangka adalah mengandung likopen yang cukup tinggi. Kandungan likopen ini dapat mengurangi risiko kanker prostat.

Pemanfaatan semangka pada pengobatan tradisional Cina

Semangka sering kali dimanfaatkan untuk melawan bentuk “summer heat”, yakni gejala penyakit yang ditandai dengan berkeringat banyak, rasa haus, suhu tubuh meningkat, warna urine kuning tua, diare, dan mudah marah.

Meningkatkan kesuburan pria

Pada percobaan yang dilakukan oleh Institut Sains di New Delhi, India, 30 orang pria tidak subur berusia 23–45 tahun yang diberi 20 mg likopen dua kali sehari selama 3 bulan menunjukkan peningkatan jumlah sperma, struktur sperma membaik, dan peningkatan pergerakan sperma. Dari 30 responden tersebut, di antaranya berhasil menghamili istrinya.

Menurunkan resiko terkena polip

Kandungan asam folat yang terdapat di dalam semangka dapat mengurangi resiko munculnya polip, yakni prakanker yang tumbuh di usus besar dan suatu saat bisa berubah menjadi kanker kolon. Peneliti di Fakultas Kedokteran Harvard membuktikan, kecukupan asam folat dapat meminimalkan risiko polip di usus besar sebanyak 33 persen.

Asam amino sitrulin

Senyawa asam amino sitrulin dapat meningkatkan produksi nitric oxide (NO) yang berperan dalam kemampuan ereksi pada pria. Sitrulin mudah diserap tubuh sehingga konsentrasi maksimum di dalam darah lebih mudah dicapai.

Menghindari serangan jantung

Sebuah studi yang dilakukan para peneliti di Amerika Serikat menemukan fakta, mengonsumsi sepotong semangka setiap hari bisa menghindarkan orang dari serangan jantung. Konsumsi semangka per hari mampu menghentikan penumpukan kolesterol berbahaya yang berdampak buruk pada kesehatan jantung. Konsumsi semangka secara teratur juga dapat mengendalikan berat badan.