29.9 C
Jakarta
Saturday, March 23, 2024

Istana Kerajaan Termegah Dan Terluas Di Dunia

Istana adalah sebuah bangunan besar atau mewah yang biasanya didiami oleh keluarga kerajaan, keluarga kepala negara atau petinggi lainnya. Kata istana kadang-kadang juga dipakai untuk merujuk kepada gedung besar yang merupakan pusat suatu lembaga.

ISTANA VERSAILLES, PERANCIS

gambar istimewah

Palace of Versailles atau Istana Versailles ataupun Versailles adalah Puri Royal kerajaan di Versailles wilayah Ilede France dari Perancis. Di Perancis, istana ini disebut Chateau de Versailles. Ketika Chateau dibangun, Versailles merupakan pedesaan.

Namun kini, Versailles adalah suburban Paris. Letaknya sekitar 20 kilometer barat daya ibukota Perancis. Pemerintah Perancis antusias mempromosikan museum sebagai salah satu atraksi wisata utama Perancis. Pada saat yang sama, istana ini juga masih melayani fungsi politik. Diperkirakan, luas istana ini mencapai 90,833 meter persegi.

ROYAL PALACE OF MADRID, SPANYOL

gambar istimewah

The Palacio Real de Madrid atau Royal Palace of Madrid adalah kediaman resmi keluarga kerajaan Spanyol di kota Madrid, namun hanya digunakan untuk upacara negara. Raja Juan Carlos dan keluarga kerajaan tidak berada di istana. Mereka tinggal di rumah yang lebih sederhana Palacio de la Zarzuela di pinggiran Madrid. Istana kesayangan milik Spanyol ini dikelola Patrimonio Nacional, sebuah badan publik Kementerian Kepresidenan.

Istana ini terletak di Calle de Bailen, di bagian barat pusat kota Madrid, Timur Sungai Manzanares dan dapat diakses dari stasiun metro Ópera. Beberapa kamar di istana dibuka untuk umum. Tiket masuk istana 11 € . Istana ini memiliki luas area sekitar 135.000 meter persegi dari floorspace dan berisi 3.418 kamar. Ini adalah istana terbesar kedua di Eropa dari ukuran luas lantai setelah Louvre Palace. Interior istana ini sangat terkenal dengan kekayaan seninya.

ISTANA NURUL IMAN, BRUNAI DARUSSALAM

gambar istimewah

Istana Nurul Iman adalah kediaman resmi Sultan Brunei Hassanal Bolkiah dan merupakan pusat administrasi pemerintahan Brunei. Istana ini terletak di tepi Sungai Brunei, beberapa kilometer arah selatan dari Bandar Seri Begawan, ibukota Brunei. Setelah selesai dibangun, Istana Nurul Iman, menjadi istana tempat tinggal terluas di dunia (Menurut Guinness World Records 2015) dan tempat tinggal keluarga tunggal terbesar yang pernah dibangun. Terdapat 1.788 kamar, yang meliputi 257 kamar mandi, ruang perjamuan yang dapat diperluas untuk menampung hingga 5.000 tamu, masjid menampung 1.500 orang. Selain itu, di dalam istana ini terdapat

garasi yang bisa menampung 110 mobil dan 5 kolam renang. Diperkirakan total luasnya sekitar 200.000 meter persegi. Karena ukurannya yang sangat besar, Istana Nurul Iman mempunyai 564 lampu gantung, 51.000 bola lampu dan 44 tangga serta 18 lift.

TOPKAPI PALACE, TURKI

gambar istimewah

Topkapi Palace atau Istana Topkapı adalah istana di Istanbul, Turki, yang merupakan kediaman resmi Sultan Utsmaniyah selama lebih dari 600 tahun. Istana ini merupakan pusat administrasi dari Kekaisaran yang membuatnya menjadi situs sejarah yang paling penting di dunia. Ini adalah salah satu museum yang paling banyak dikunjungi turis Eropa hingga mencapai 2,5 juta pengunjung per tahun.

Istana difungsikan untuk acara kenegaraan. Di dalam istana ini berisi peninggalan suci penting dari dunia Muslim, termasuk jubah dan pedang Nabi Muhammad SAW. Istana Topkapi dianggap sebagai salah satu monumen terpenting dan paling bersejarah di Istanbul. Kompleks istana terdiri dari empat halaman utama dan bangunan yang lebih kecil. Diperkirakan luasnya mencapai 700.000 meter persegi.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
26,400SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles