26.2 C
Jakarta
Wednesday, April 17, 2024

Tips Cara Merawat Rambut Keriting yang Baik Agar Tetap Sehat

Terlahir dengan rambut keriting merupakan keunikan yang harus disyukuri. Tak hanya untuk kaum hawa, bagi kaum adam pun, rambut keriting merupakan mahkota yang harus dirawat. Berikut ini tips buat si empunya rambut keriting, agar rambut tetap indah terawat.

Keramas di Waktu yang Tepat

gambar istimewa

Pada dasarnya, tekstur keriting membuat rambut tidak mudah berminyak. Hal tersebutlah yang membuat kamu tidak perlu terlalu sering mencuci rambut. Terlalu sering keramas hanya akan membuat tekstur rambutmu mudah kering lantas terkesan megar.

Pilih Sampo yang Tepat

Cara merawat rambut keriting yang kedua adalah dengan memilih sampo yang tepat, Moms! Pemilihan sampo bagi rambut keriting sangat penting. Gunakan sampo yang fungsi utamanya untuk menjaga kelembapan secara mendalam atau yang khusus dibuat untuk rambut keriting.

Untuk rambut keriting, hindari sampo yang mengandung sulfat karena bisa membuat kulit kepala kering, iritasi, kasar, dan mudah patah.

Jangan Keringkan Rambut dengan Handuk Kasar

Tidak mengeringkan rambut dengan handuk kasar adalah salah satu cara merawat rambut keriting yang baik. Perawatan rambut keriting yang sering dilupakan adalah saat mengeringkan rambut. Jangan mengeringkan rambut dengan handuk kasar, apalagi menggosoknya dengan kencang.

Sebaiknya, pakai handuk yang halus atau bahkan kaus bekas untuk mengeringkan rambut. Bungkus rambut basah di handuk halus, lalu diamkan beberapa menit sampai air terserap. Kemudian, biarkan rambut kering dengan sendirinya. Hindari juga menggunakan hair dryer terlalu kering karena akan membuat rambut jadi terlalu kering dan terasa kasar.

Gunakan Vitamin Rambut

Kegunaan vitamin bagi si rambut keriting tidak hanya untuk menjaga kelembapannya, tetapi juga untuk menjaga gelombang rambut. Sehingga, terciptalah bentuk yang lebih indah dan tidak semerawut. Selain itu, rambut keritingmu menjadi lebih mudah di atur, lho!

Pilih Sisir yang Tepat

gambar istimewa

Sisir menjadi salah satu alat penting dalam cara merawat rambut keriting. Rambut yang saling terlilit satu sama lain merupakan masalah utama bagi pemilik rambut keriting.

Makanya, kita tidak boleh asal menggunakan sisir, karena sisir yang salah malah akan membuat rambut jadi patah. Gunakan sisir khusus bergigi jarang untuk memisahkan helaian rambut, biasanya sisir ini disebut detangling brush.

Tak bisa dipungkiri bahwa memiliki rambut keriting sangatlah sulit. Pasalnya, jenis rambut ini bisa sangat mudah menjadi kering dan juga rapuh. Bahkan tak jarang rambut menjadi mudah patah ketika menggunakan sisir yang salah.

Jadi, cobalah untuk menyisir rambut di kamar mandi untuk menghindari kerusakan ya. Kalian bisa melakukannya setelah keramas. Seperti yang sudah disebutkan, mulailah dengan sisir dengan gigi lebar untuk memutuskan rambut yang kusut. Moms juga bisa mencoba menyisir rambut ketika kondisioner masih menempel di rambut.

Hal tersebut pun bertujuan untuk memudahkan dan memastikan kondisioner melapisi semua helai rambut dengan baik dan merata.

Hindari Pemakaian Alat Panas Terlalu Sering

Terlalu sering menggunakan catokan atau hair-dryer akan membuat rambut mudah kering, pecah, dan bercabang. Jikalau kamu terpaksa menata rambut dengan alat-alat panas, sebaiknya gunakan hair protector terlebih dahulu.

Apapun jenis rambutmu, rawatlah dengan baik. Agar kesehatannya tetap terjaga hingga tua nanti. Selain itu, pikiran yang positif dan gaya hidup yang sehat pastinya turut mempengaruhi kesehatan rambut kamu.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
26,500SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles