26.7 C
Jakarta
Thursday, April 18, 2024

Kenapa Penderita Mag Tak Boleh Makan Buah Nangka?

Buah nangka memang enak rasanya, apalagi bila dicampur ke dalam es buah atau minuman dingin. Sayangnya, tidak semua orang dapat mengonsumsi nangka, contohnya penderita sakit mag. Mag atau gastritis adalah penyakit radang pada lambung.

Gejala mag antara lain nyeri perut bagian kiri atas, mual, muntah, dan perut kembung. Penyebab mag bermacam-macam, termasuk beberapa jenis minuman dan makanan misalnya nangka. Mengapa buah nangka untuk asam lambung tidak baik? Cari tahu dalam ulasan berikut!

Efek Makan Nangka pada Asam Lambung

Nangka termasuk buah yang tinggi akan kandungan serat. Penderita mag sebaiknya tidak mengonsumsi makanan berserat tinggi. Efek nangka bagi lambung adalah membuatnya bekerja ekstra untuk mencerna serat.

Hal ini juga dapat meningkatkan produksi asam lambung. Buah nangka memiliki pH atau tingkat keasaman 5,8. Walaupun tidak terlalu asam, buah ini masih tergolong asam, sehingga dapat merangsang produksi asam lambung yang lebih banyak dan membuat perut penderita mag perih dan nyeri.

Efek makan nangka bagi penderita mag lainnya adalah meningkatkan produksi gas di dalam saluran cerna. Akibatnya perut kamu akan terasa kembung. Oleh karena itu, sebaiknya penderita mag jangan mengonsumi buah nangka, ya.

Adakah Batas Aman Konsumsi Nangka bagi Penderita Mag?

Jika kamu menderita sakit mag khususnya yang tidak terkontrol, sebaiknya hindari makan buah nangka meski dalam jumlah sedikit. Apabila tetap dipaksakan, maka ada kemungkinan sakit mag dapat bertambah parah.

Kandungan gula pada nangka juga tinggi. Penderita diabetes juga tidak disarankan untuk makan buah ini dalam jumlah yang berlebihan. Satu sajian (165 gram) buah nangka memberikan 155 kalori, yang merupakan jumlah yang cukup banyak. Sebanyak 92 persen kalori berasal dari karbohidrat.
Kalau kamu adalah pencinta buah nangka, bukan berarti tidak dapat menikmatinya sama sekali, kok. Hanya saja, pastikan penyakit mag terkontrol sebelum makan buah satu ini. Hindari juga asupan dalam jumlah yang berlebihan, ya.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
26,500SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles