26.3 C
Jakarta
Thursday, March 28, 2024

Sebelum ke Dokter, Ini Cara Mudah Mengobati Vertigo

Vertigo memiliki gejala yang khas, yaitu pusing berputar atau sekelilingmu terasa seperti berputar, bahkan rasanya sampai ingin terjatuh. Jika suatu hari kamu mengalaminya, ada cara mengobatinya yang perlu diingat, sebelum kamu memutuskan untuk memeriksakan diri ke dokter. Vertigo digolongkan menjadi dua tipe, yakni vertigo perifer dan vertigo sentral.

Vertigo perifer merupakan tipe yang paling umum, dan disebabkan oleh gangguan pada telinga dalam. Vertigo perifer biasanya lebih ringan dibanding vertigo sentral. Untuk mengetahui jenis vertigo mana yang diderita, apalagi jika kamu baru pertama kali mengalaminya, butuh pemeriksaan oleh dokter untuk memastikan diagnosis dan penanganan.

Pengobatan vertigo tergantung pada penyebabnya. Sebagian besar kasus vertigo dapat sembuh sendiri tanpa pengobatan apa pun. Metode pengobatannya bisa dilakukan mandiri di rumah, konsumsi obat-obatan, dan penanganan medis oleh dokter. Karena itu, penting bagi kamu untuk memeriksakan diri ke dokter jika mengalami vertigo.

Dengan demikian, dokter bisa menentukan jenis vertigo serta pengobatannya yang tepat. Untuk mengobati vertigo secara alami, berikut adalah beberapa cara yang dapat kamu lakukan:

Jangan Panik

gambar istimewa

Usahakan tetap tenang selama beberapa saat. Atur napas dan jangan menggerakkan kepala secara mendadak. Karena hampir semua kasus vertigo disebabkan oleh benign paroxysmal positional vertigo (BPPV), cobalah untuk menstabilkan kepala dalam posisi tegak. Terkadang memperbaiki posisi kepala dapat membantu mengurangi rasa pusing berputar.

Istirahat Sejenak

gambar istimewa

Menghentikan aktivitas untuk sementara waktu dapat membantu mengurangi keparahan kala vertigo menyerang. Selain membantu mengurangi gejala, penderitanya juga dapat terhindar dari hal tak terduga seperti jatuh atau cedera lainnya. Bila mungkin, berbaringlah dengan posisi miring sambil memejamkan mata.

Apabila kamu ingin beranjak dari tempat tidur atau sofa, lakukan dengan perlahan dan jangan terburu-buru. Bila perlu, duduklah terlebih dahulu di pinggir tempat tidur untuk beberapa waktu, kemudian barulah bangun dari posisi tersebut.

Lakukan Teknik Manuver Epley

gambar istimewa

Salah satu cara mengatasi vertigo secara alami adalah dengan melakukan teknik manuver Epley. Ini adalah serangkaian gerakan yang dilakukan sebelum tidur. Apabila vertigo terjadi di sisi kiri dan telinga kiri, manuver Epley yang dapat dilakukan adalah:

  • Duduk di tepi tempat tidur dengan cara memutar kepala 45 derajat ke kiri.
  • Selanjutnya, berbaringlah dengan kepala masih miring 45 derajat ke kiri. Pertahankan posisi ini selama 30 detik.
  • Miringkan kepala 90 derajat ke arah kanan dan pertahankan posisi ini selama 30 detik.
  • Posisikan tubuh dan kepala menghadap ke arah kanan selama 30 detik. Arahkan pandangan mata ke bawah, bukan sejajar.

Jika vertigo yang kamu alami di sebelah kanan, lakukan cara di atas dengan arah yang berlawanan.

Minum Teh Jahe

gambar istimewa

Penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Acupuncture and Tuina Science menemukan, jahe dapat mengurangi efek vertigo lebih baik daripada memperbaiki posisi seperti manuver Epley.

Kamu dapat merendam jahe dalam secangkir air mendidih selama lima menit. Bisa ditambahkan madu untuk membantu mengurangi rasa pahit. Minum teh jahe dua kali sehari dapat membantu meredakan pusing, mual, dan gejala vertigo lainnya.

Menghirup Minyak Esensial

gambar istimewa

Minyak esensial juga merupakan pilihan alami untuk menangani gejala vertigo, termasuk muntah, sakit kepala, dan pusing. Beberapa minyak esensial yang sering dipakai adalah peppermint, jahe, lavender, dan lemon. Cara menggunakan minyak esensial adalah dengan dihirup lewat diffuser atau diencerkan dengan minyak pelarut (carrier oil) sebelum dioleskan.

Perbanyak Minum Air Putih

gambar istimewa

Jangan lupa untuk minum air putih, karena ini bisa menjadi cara mengobati vertigo secara alami.  Ya, memastikan tubuh terhidrasi dengan baik akan membantu meminimalkan masalah pusing dan keseimbangan. Jadi, sesudah mengalami vertigo, kamu wajib memenuhi kebutuhan cairan, khususnya air putih.

Akupresur

gambar istimewa

Akupresur menerapkan konsep yang sama dengan akupuntur, tetapi tanpa jarum. Kamu dapat langsung menekan atau memijat accupoint (titik spesifik yang merepresentasikan berbagai fungsi dan organ pada tubuh manusia) yang berkaitan dengan sakit kepala.

Lakukan Latihan Brandt-Daroff

gambar istimewa

Latihan Brand-Daroff adalah salah satu manuver yang bisa dilakukan oleh penderita vertigo di rumah. Latihan ini dipercaya dapat mengurangi rasa pusing berputar yang dialami, khususnya vertigo perifer yang disebabkan perubahan posisi.

Selain dapat mengurangi keluhan, apabila manuver ini dilakukan secara rutin maka bisa mencegah terjadinya vertigo berulang. Berikut ini adalah langkah dari latihan Brand-Daroff:

  • Duduklah di tepi tempat tidur dengan posisi badan tegak dan senyaman mungkin.
  • Dengan mata tertutup, jatuhkan badan ke salah satu sisi tubuh, kira-kira miring 45 derajat. Pertahankan posisi tersebut selama 30 detik.
  • Setelah 30 detik, kembali duduk dalam posisi tegak dan pertahankan selama 30 detik.
  • Ulangi pada arah yang berlawanan.
  • Lakukan latihan ini 3 kali sehari selama kurang lebih 3 minggu, dengan jumlah 5 set setiap latihan.

Jika kondisi vertigo tidak membaik setelah penanganan di atas, segera konsultasikan keluhanmu ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut. Bagi kebanyakan orang, vertigo tidak berbahaya. Namun, tetap saja penyebab vertigo perlu diidedentifikasi.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
26,400SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles