Home Tips & Trick Cara Mudah Membersihkan Emas dengan Bahan Sederhana sampai Berkilau Kembali

Cara Mudah Membersihkan Emas dengan Bahan Sederhana sampai Berkilau Kembali

0
Cara Mudah Membersihkan Emas dengan Bahan Sederhana sampai Berkilau Kembali

Perhiasan telah menjadi pilihan bagi banyak perempuan untuk mempercantik diri. Mulai dari acara sakral seperti pernikahan, pergi ke acara-acara penting, sampai untuk dipakai sehari-hari, rasanya seperti tidak afdol untuk tidak mengenakan perhiasan emas kesayangan. Kilau dan ukiran yang cantik pada perhiasan emas membuat banyak mata terkesima dan dapat membuat penggunanya percaya diri.

Tapi tahukah kamu, kalau perhiasan emas tidak selamanya berkilau? Seiring berjalannya waktu, perhiasan emas dapat kehilangan kilaunya dan berubah jadi menghitam atau kusam. Hal ini disebabkan oleh perhiasan emas yang umumnya tidak terbuat dari emas murni, melainkan karena emas dicampur dengan bahan lain.

Saat perhiasan emas kamu mulai terlihat menghitam, kamu tidak perlu langsung menghubungi jasa pembersih emas profesional. Dengan memakai bahan sederhana, kamu bisa langsung membersihkan emas dari rumah. Yuk cek cara membersihkan emas yang menghitam berikut ini!

Perhiasan emas juga bisa menghitam akibat terpapar kotoran atau bahan kimia lainnya. Untuk tahu cara membersihkan emas yang menghitam guna mengembalikan kilau emas kesayangan, yuk simak artikel berikut.

Sabun Cuci Piring

gambar istimewa

Cara membersihkan emas yang pertama adalah dengan menggunakan sabun cuci piring. Cara membersihkannya juga cukup mudah. Kamu cukup menyiapkan semangkuk air hangat yang dicampur dengan sedikit sabun cuci piring. Pastikan air hangatnya tidak terlalu panas agar tidak merusak perhiasan, ya.

Rendam perhiasan yang akan dibersihkan selama 15 menit. Setelahnya, angkat dan sikat perhiasan dengan lembut untuk menghilangkan kotoran. Selanjutnya, keringkan perhiasan dengan handuk lembut.

Pasta Gigi

gambar istimewa

Selain dipakai untuk membersihkan gigi, kamu juga bisa memakai pasta gigi untuk membersihkan perhiasan emas kesayangan. Cara membersihkan emas ini juga tidak sulit. Kamu bisa menyiapkan sikat lembut dan pasta gigi. Cukup oleskan sedikit pasta gigi pada perhiasan dan sikat perhiasan yang kotor dengan lembut. Kemudian, bilas perhiasan dengan air sampai bersih dan keringkan.

Soda Kue

gambar istimewa

Kamu suka membuat kue? Tentunya kamu pasti punya stok soda kue di rumah. Cara membersihkan emas selanjutnya adalah dengan memakai soda kue. Untuk melakukannya, kamu bisa menyiapkan air hangat, sabun cuci piring, dan soda kue.

Di dalam semangkuk air hangat, campur sabun cuci piring dan soda kue dengan takaran perbandingan 1:1. Rendam perhiasan selama 5-10 menit. Selanjutnya, angkat dan sikat perhiasan. Keringkan perhiasan dengan handuk lembut.

Alkohol

gambar istimewa

Cara membersihkan perhiasan yang keempat adalah dengan memakai cairan alkohol. Cara ini berguna apabila perhiasan emas kamu memiliki lemak yang membandel. Kamu bisa merendam perhiasan di dalam cairan alkohol sebentar. Selanjutnya, angkat perhiasan dan sikat kotoran yang ada dengan lembut. Tapi, jika perhiasan kamu memiliki aksesoris tambahan yang di lem, kamu bisa memakai cotton bud yang sudah dicelupkan alkohol untuk membersihkan kotoran.

Baking Soda dan Cuka

gambar istimewa

Cara membersihkan perhiasan yang terakhir adalah dengan menggunakan baking soda dan cuka. Perlu diingat kalau cara ini hanya bisa dipakai untuk perhiasan yang tidak memiliki mutiara atau batu mulia. Pertama, kamu cukup mencampur baking soda sebanyak 50 ml dengan air biasa sebanyak 2 sdm dan diaduk hingga menjadi pasta. Balurkan pasta baking soda ke perhiasan yang akan dibersihkan dan diamkan sesaat. Setelahnya, siram perhiasan dengan air cuka.

Itu dia beberapa cara membersihkan emas yang menghitam untuk kamu coba di rumah. Perawatan perhiasan emas secara berkala sangat penting dilakukan untuk menjaga kilau perhiasan agar tetap cantik dan awet untuk digunakan dalam waktu yang lama. Setelah ini, kamu tidak perlu pusing lagi kalau perhiasan emas kesayangan mulai terlihat kotor dan kusam.

Jangan lupa, saat melakukan pembersihan perhiasan ini, gunakan perlindungan berupa sarung tangan atau pinset saat memegang perhiasan jika diperlukan. Untuk menyiapkan alat-alat pembersih emas atau tempat penyimpanan emas agar terlindung dari kotoran.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here