31.7 C
Jakarta
Friday, March 29, 2024

Biji Buah Ini Mempunyai Manfaat Kesehatan, Sudah Pernah Coba?

Buah-buahan tentu memiliki berbagai macam kandungan gizi yang baik untuk kesehatan. Namun, pada sebagian jenis buah, bijinya menyimpan kandungan vitamin dan gizi yang tidak kalah dengan dagingnya. Mungkin banyak yang belum tau kalau biji buah mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan. Berikut adalah manfaat dari biji buah-buahan bagi kesehatan. Apa saja? Yuk simak ulasan di bawah ini.

Biji Semangka

gambar istimewa

Buah semangka memiliki daging buah yang kaya akan air dan juga memiliki biji yang berbentuk kecil berwarna hitam. Biji semangka mempunyai manfaat sebagai penyembuh penyakit jantung. Zat yang terkandung dalam biji semangka dapat membantu mengatur tekanan darah.

Zat tersebut adalah Lycopene yang juga berfungsi sebagai zat antikanker. Selain itu, biji semangka juga dapat dijadikan sebagai peluruh kencing, menyejukkan radang kandung kemih, menyehatkan ginjal, dan melembabkan usus.

Biji Nangka

gambar istimewa

Buah nangka merupakan buah yang banyak dijumpai di daerah-daerah tropis seperti Indonesia. Daging buahnya banyak dimanfaatkan sebagai bahan masakan, baik yang sudah matang atau yang masih mentah.

Buah nangka juga memiliki biji yang tidak kalah manfaatnya dari daging buahnya. Biji nangka mengandung nilai gizi yang tinggi, seperti karbohidrat dan mineral yang cukup tinggi fosfor, kalsium, dan besi.

Karena biji nangka mengandung fosfor dan kalsium yang tinggi, maka dari itu biji nangka dapat dijadikan alternatif susu sapi maupun susu kedelai. Selain itu, biji nangka juga bisa membantu menurunkan risiko penyakit jantung dan juga mencegah sembelit karena kandungan vitamin B kompleks dan serat yang tinggi.

Biji Pepaya

gambar istimewa

Pepaya merupakan salah satu buah tropis yang banyak tumbuh di Indonesia. Pepaya mempunyai biji yang sangat banyak di dalamnya. Biji pepaya mengandung berbagai senyawa dan enzim yang bermanfaat bagi kesehatan, memiliki kemampuan antibakteri dan juga dipercaya memiliki khasiat untuk melindungi ginjal dan toksin penyebab gagal ginjal.

Biji Anggur

gambar istimewa

Anggur atau Vitis vinifera L. merupakan buah yang banyak dijumpai hampir di seluruh negara. Sayangnya, pemanfaatan buah anggur seringkali hanya memanfaatkan daging buahnya saja dan bijinya dibuang. Padahal, biji anggur mengandung lemak, protein, karbohidrat, dan polifenol. Polifenol yang terdapat pada biji anggur adalah flavonoid. Flavonoid ini dapat berperan sebagai antioksidan dan antibakteri.

Biji Manggis

gambar istimewa

Manggis merupakan tumbuhan tahunan yang hidup di hutan tropis teduh yang berada di kawasan Asia Tenggara. Manggis mempunyai bijj yang bermanfaat bagi kesehatan. Biji manggis mengandung vitamin C dan metabolit sekunder seperti flavonoid, tanin, saponjn, terpenoid, dan alkaloid.

Biji manggis bermanfaat sebagai antioksidan karena memiliki kandungan flavonoid. Selain sebagai antioksidan, ekstrak dari biji manggis berpotensi sebagai agen kontrasepsi pada pria karena dapat menekan produksi sperma. Itulah manfaat dari beberapa biji buah-buahan bagi kesehatan. Sangat sayang jika dibuang, kan?

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
26,400SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles