27.1 C
Jakarta
Tuesday, March 26, 2024

Inspirasi Akuarium Model Aquascape yang Minimalis Terbaik dan Terpopuler

Aquascape bukan hanya sekedar menambahkan kayu, bebatuan dan tanaman dalam akuarium. Lebih daripada itu, aquascaping membutuhkan kreatifitas dan seni untuk mengatur tatanan visual yang indah dan menarik, sesuai dengan tema aquascape yang kamu inginkan.

Pemula yang ingin memulai aquascape bisa menentukan tema yang diinginkan lebih dulu, selanjutnya memilih aksesoris atau tanaman dan batuannya. Saat ini juga sudah cukup banyak jenis tema dan referensi yang cukup populer saat melakukan aquascaping, dari tema hutan, sungai hingga gunung dan kota.

Untuk kamu yang sedang mencari referensi model desain aquascape minimalis yang menarik dan unik. Kamu bisa menyimak deretan lengkapnya berikut ini!

Desain dan tema yang diinginkan, harus ditentukan sebelum membeli aksesoris di dalamnya. Tujuannya agar komponen yang dibeli tidak mubazir dan benar-benar digunakan dengan maksimal.

Misalnya, jika kamu ingin membuat tema air terjun, maka ada beberapa tanaman serta pasir yang akan ditambahkan, atau ingin membuat tebing, maka kamu membutuhkan batuan lebih banyak

Untuk mendapatkan referensi serta gambaran tema dari Aquascape sederhana, kamu bisa menyimaknya berikut ini!

Aquascape Tema Air Terjun (Waterfall)

gambar istimewa

Tema yang banyak digunakan oleh para pecinta aquascape ini sudah tidak diragukan lagi hasilnya. Selain dapat menambah keindahan pada ruangan tamu, air terjun yang terdapat pada aquascape ini juga mampu memberikan kepuasan tersendiri bagi yang melihatnya.

Media yang diperlukan dalam membuat tema aquascape yang satu ini adalah batu yang dapat dijadikan tebing, pasir silika, dan beberapa tanaman yang menempel dan bertumbuh di batu.

Namun, air terjun yang dimaksud pada aquascape ini bukanlah air yang mengalir, melainkan pasir silika putih berbentuk butiran-butiran yang didorong dengan pompa filter dan aerator.

Aquascape Tema Alami (Nature Style)

gambar istimewa

Takashi Amano merupakan penemu aquascape yang berasal dari jepang. Tema aquascape yang satu ini mengikuti konsep perkebunan wabi sabi di jepang. Tentunya tampilan pada aquascape ini juga dapat diandalkan dalam mempercantik ruangan rumah kamu.

Aquascape bertema alami seperti ini sangat sering kamu jumpai di tempat penjual ikan hias. Pada aquascape ini terdapat beberapa media alami seperti kayu tanaman, bebatuan, serta rerumputan yang tumbuh secara alami.

Aquascape Tema Hutan

gambar istimewa

Tema hutan yang satu ini tergolong pada kategori natural. Membuat aquascape seperti ini tentunya lebih sulit jika dibandingkan dengan tema-tema aquascape lainnya, karena tingkat kesulitan yang dimiliki lebih tinggi dibandingkan tema aquascape lainnya.

Media yang dibutuhkan dalam pembuatan aquascape bertema hutan ini adalah kayu yang sesuai dengan bentuk pohon yang tinggi dan rimbun. Selain itu, kamu dapat menambah tanaman moss yang digunakan sebagai karpet pada aquascape ini.

Aquascape Tema Gunung

gambar istimewa

Aquascape yang bertemakan gunung ini tentunya banyak diminati oleh para pecinta aquascape, selain memiliki tampilan gunung yang cukup natural, tentunya tema yang yang satu ini juga terlihat sangat simple dibandingkan dengan tema lainnya.

Untuk membuatnya kamu memerlukan beberapa media hardscape seperti batu yang berukuran cukup besar serta sedikit tanaman serta kayu yang dijadikan sebagai lembah pada aquascape bertema gunung ini.

Aquascape Tema Sungai

gambar istimewa

Mungkin kamu sudah sering melihat tema aquascape yang satu ini jika sedang berkunjung ke tempat penjual ikan hias. Aquascape dengan tema sungai ini tentunya banyak disukai oleh para pecinta aquascape, karena tampilan sungainya yang dapat memperindah tampilan ruangan kamu.

Pepohonan, bebatuan hingga posisi sungai yang terdapat pada aquascape ini juga harus ditata dengan baik dan rapi agar konsep pada aquascape bertema sungai ini dapat terlihat lebih nyata dan natural.

Aquascape Tema Iwagumi

gambar istimewa

Aquascape dengan tema Iwagumi tentunya merupakan konsep pada aquascape yang lebih berfokus pada penempatan hardscape seperti batu-batuan. Selain itu, tema aquascape yang satu ini juga terlihat lebih simple dibandingkan dengan tema aquascape lainnya.

Untuk dapat membuat tema seperti ini, tentunya media yang diperlukan adalah tipe batu batuan seperti batu serpentin atau seiryu serta tanaman karpet yang dapat menyebar hampir ke seluruh permukaan akuarium.

Aquascape Tema Taiwan

gambar istimewa

Model aquascape Taiwan mungkin cukup jarang terdengar, padahal sebenarnya model ini begitu unik untuk digunakan di rumah. Kamu bisa menambahkan replika jalanan, jembatan, mobil, rumah-rumahan, bahkan patung dengan ukuran yang sesuai dengan model aquascape milikmu.

Model dari hiasan ini berfokus pada properti dan aksesoris yang menggambarkan kehidupan nyata dengan model oriental. Kamu bisa mengumpulkan aksesoris mainan serta tumbuhan air untuk memperindah tampilan aquascape milikmu.

Itu dia, beberapa referensi aquascape minimalis yang dapat kamu gunakan untuk memperindah akuarium milikmu, juga biar ikan ikanmu betah disana><.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
26,400SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles