26.1 C
Jakarta
Wednesday, April 17, 2024

Populer Sebagai Camilan Sehat, Kenali Manfaat Buah Jujube

Jujube atau angco adalah buah asli dari Asia Selatan. Buah ini memiliki bentuk yang mirip dengan buah kurma, tetapi memiliki warna kemerahan. Itu sebabnya, buah jujube dikenal juga dengan nama kurma merah atau kurma Cina. Di beberapa daerah di Asia, banyak pengobatan alternatif yang memanfaatkan buah jujube sebagai obat karena khasiatnya.

Nah, sebenarnya seperti apa kandungan nutrisi jujube sampai dianggap begitu bermanfaat? Buah jujube (Ziziphus jujuba) telah lama digunakan dalam pengobatan alternatif di Asia untuk mengatasi insomnia dan gangguan kecemasan. Selain itu, buah yang dikenal dengan nama angco ini juga memiliki rasa manis dengan tekstur yang kenyal. Oleh karena itu, angco sering dikeringkan menjadi camilan atau manisan buah.

Tak hanya rasanya yang lezat, daya tarik buah jujube juga terdapat pada kandungan nutrisinya, sehingga dikenal sebagai camilan sehat. Jujube termasuk buah rendah kalori yang mengandung serat serta beragam vitamin dan mineral. Kandungan antioksidan dalam buah jujube juga memberikan manfaat tersendiri. Selain protein, karbohidrat, lemak, dan nutrisi lainnya di atas, buah jujube mengandung gula alami yang bisa menambah asupan energi.

Akan tetapi, buah yang dikeringkan akan memiliki total kalori dan gula yang lebih tinggi dari buah angco segar. Dari kandungan nutrisi seperti serat, vitamin C, dan senyawa antioksidan lainnya, buah jujube dapat memberikan sederet manfaat untuk kesehatan tubuh. Inilah khasiat atau manfaat kesehatan yang bisa Anda peroleh dengan mengonsumsi buah jujube:

Mengoptimalkan fungsi otak

gambar istimewa

Buah jujube dikenal punya manfaat karena kandungan antioksidannya. Senyawa antioksidan seperti flavonoid dan saponin dalam buah jujube sangat bermanfaat untuk meningkatkan fungsi otak.

Studi dari Hong Kong University of Science and Technology menunjukkan bahwa kandungan flavonoid dan saponin pada jujube mampu melindungi otak dari peradangan yang dapat menyebabkan kerusakan sel. Selain itu, khasiat antioksidan dalam buah jujube atau angco ini berpotensi dapat meningkatkan daya ingat dan fungsi kognitif lainnya.

Meningkatkan kualitas tidur

gambar istimewa

Khasiat buah jujube dalam mengatasi peradangan di otak juga dapat memengaruhi kerja otak dalam mengatasi stres dan gangguan cemas yang menyebabkan insomnia. Flavonoid dan saponin pada buah angco dapat menurunkan akivitas otak yang menghasilkan rasa cemas dan meningkatkan hormon yang dapat menenangkan pikiran.

Menjaga kesehatan pencernaan

gambar istimewa

Menariknya lagi, buah jujube memiliki kandungan serat yang tak kalah tinggi dari buah-buahan lain. Nah, kandungan serat dalam buah jujube memiliki manfaat untuk membantu melancarkan proses pencernaan. Serat mampu melembutkan feses dan mempercepat gerakan usus untuk mencerna makanan.

Jujube juga termasuk makanan yang dapat meningkatkan bakteri baik dalam usus. Selain itu, beberapa senyawa aktif di dalam buah jujube memiliki manfaat untuk membantu memberikan perlindungan pada dinding lambung dan usus besar.

Mengurangi risiko kanker

gambar istimewa

Kandungan antioksidan dalam buah angco dapat memperkuat fungsi sekaligus memperbaiki kerusakan sel, terutama dari serangan radikal bebas. Manfaat buah jujube ini berasal dari jenis gula polisakarida yang berperan sebagai komponen antioksidan. Senyawa ini bekerja mengatasi kerusakan sel dengan meredakan peradangan. Alhasil, secara tidak langsung, buah jujube punya manfaat baik untuk menurunkan risiko Anda mengalami kanker.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

gambar istimewa

Manfaat buah jujube yang utama juga berasal dari kandungan vitamin C di dalamnya. Vitamin C memiliki banyak fungsi bermanfaat bagi tubuh, salah satunya untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Kandungan di dalam buah jujube ini bisa menambah produksi sel untuk melawan infeksi kuman penyakit yang merusak sel-sel sehat. Selain itu, kandungan lignin pada ekstrak jujube punya manfaat baik untuk meningkatkan jumlah sel imun yang mampu menetralisasi komponen penyebab penyakit di dalam tubuh.

Melindungi kesehatan jantung

gambar istimewa

Senyawa aktif dalam buah jujube diketahui memiliki potensi untuk menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam darah. Di saat yang bersamaan, konsumsi buah angco pun bisa meningkatkan kadar kolesterol baik. Hal ini tentunya dapat mencegah penyumbatan aliran darah yang disebabkan oleh penggumpalan kolesterol.

Jika dibiarkan tanpa perawatan, kondisi ini berisiko menyebabkan penyakit jantung koroner dan stroke. Meskipun ukurannya kecil, jujube merupakan buah rendah kalori yang memiliki banyak manfaat karena tinggi vitamin, antioksidan, dan serat. Jika ingin mendapatkan manfaat buah jujube dengan maksimal, sebaiknya pilihlah buah yang masih segar sebagai camilan sehat.

Buah jujube kering mengandung kalori dan gula yang lebih tinggi dibandingkan dengan buah segar sehingga Anda perlu berhati-hati jangan sampai berlebihan mengonsumsinya. Terakhir, pastikan Anda juga mencukupi kebutuhan gizi harian dengan mengonsumsi makanan bernutrisi lainnya, ya.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
26,500SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles