25.6 C
Jakarta
Sunday, June 26, 2022

Begini Manfaat dari Senam Zumba di Rumah, Waktu Luang jadi Lebih Sehat!

Senam Zumba adalah salah satu cabang olahraga yang paling populer dalam beberapa tahun terakhir. Jenis olahraga ini memiliki ciri khas dengan gerak-gerakan dari berbagai gaya tarian amerika latin.

Umumnya, senam zumba menggunakan alunan musik, dansa serta tepuk tangan. Tak heran jika menjadi salah satu olahraga yang cukup menarik dan tidak membosankan. Rutin melakukan olahraga ini dapat melatih seluruh tubuh dari atas ke bawah.

Selain itu, berbagai manfaat zumba juga ditawarkan mulai dari untuk kesehatan tubuh, kecantikan hingga mengusir stres. Olahraga ini juga bisa menjadi pilihan bagi kamu yang sedang work from home agar tetap semangat dalam beraktivitas walau di rumah saja.

Untuk bisa mendapatkan manfaat zumba dance dengan maksimal, lakukanlah setidaknya 2-3 kali setiap minggu secara rutin agar tubuh dan otot yang digunakan dapat beradaptasi. Berikut ini adalah manfaat senam zumba yang bisa kamu dapatkan, diantaranya:

Membakar Kalori

Manfaat zumba yang pertama adalah dapat membantu membakar kalori di dalam tubuh. Gerakan yang berubah-ubah dengan intensitas tinggi zumba dapat membuat metabolisme kamu tetap tinggi selama satu jam. Hal ini setara dengan 300-600 kalori yang terbakar dalam satu jam.

Memperbaiki Postur Tubuh

Gerakan yang terlibat dalam zumba bukanlah latihan yang paling sering dilakukan, dan dengan menggabungkan gerakan samba, salsa, dan mambo, para praktisi zumba akan menggerakan kelompok otot yang jarang digerakan dan membiasakan sendi mereka dengan gerakan dan peregangan yang tidak biasa. Penurunan ketegangan meningkatkan postur dan fleksibilitas bagi yang melakukan zumba.

Meningkatkan Kepercayaan Diri

gambar istimewa

Zumba tidak seperti olahraga lainnya, dengan meningkatkan gerakan dansa kamu dan kesehatan fisik kamu dalam suasana yang seru dan menyenangkan, kelas zumba dapat membuat kamu merasa lebih nyaman dengan tubuh kamu dan dapat meningkatkan rasa percaya diri, dan mendorong kamu untuk segera kembali berolahraga.

Baca Juga :  4 Keuntungan Jadi Morning Person

Menghilangkan Anxiety

Siapa sangka manfaat Zumba salah satunya adalah untuk menghilangkan rasa stress. Jika kamu ingin meningkatkan mood, pergi ke gym bukanlah ide terbaik. Ini bisa menjadi pengalaman yang mengintimidasi dan membuat frustasi. Seringkali juga terasa seperti suasana yang kompetitif. Namun, zumba bisa menjadi pilihan terbaik yang menyebabkan pelepasan endorfin dan neurotransmitter yang dapat memperbaiki mood dan menghilangkan hormon stres dalam tubuh.

Full Body Workout

gambar istimewa

Sebagai bentuk olahraga berbasis tarian, manfaat zumba juga bertindak sebagai full body workout, melibatkan hampir setiap kelompok otot tubuh dengan rejimen kebugaran yang komprehensif. Hal ini membuat latihan dengan zumba lebih efisien, dan membantu menciptakan tubuh yang benar-benar kencang, seperti penari profesional!

Meningkatkan Koordinasi

Kamu mungkin tidak memikirkan pentingnya koordinasi, terutama saat kita muda dan kemampuan ini tampaknya muncul secara alami. Namun, seiring bertambahnya usia, koordinasi sering kali terasa berkurang, namun unsur multi-tasking zumba, serta gerakan anggun  tariannya, dapat menjaga tubuh tetap seimbang dan terpadu.

Menjaga Kadar Gula Darah

Senam zumba diketahui mampu menjaga kadar gula darah dalam tubuh dan mampu mencegah diabetes tipe 2 hingga mengurangi gejalanya. Jenis olahraga satu ini akan membantu memperbaiki cara tubuh dalam mengelola gula darah dan menurunkan resistensi terhadap insulin.

Memperbaiki Pernapasan

gambar istimewa

Ketika berolahraga, tubuh cenderung memompa jantung lebih keras hingga detak jantung terasa lebih kencang. Tak heran kamu akan akan menemui rasa kesulitan bernapas saat berolahraga.

Untuk mengatasinya, kamu bisa menurunkan tempo menjadi lebih lambat. Tetaplah bergerak dengan jalan secara dinamis, baik ke kanan dan ke kiri, ke depan dan kebelakang. Pastikan kamu tidak langsung berhenti apalagi duduk. Hal ini untuk menghindari kejutan pada jantung yang sedang bekerja keras.

Baca Juga :  Gaya Hidup Sehat Bagi Para Remaja

Mempercantik Wajah

gambar istimewa

Manfaat zumba ternyata tidak hanya berguna bagi kesehatan tubuh aja, lho. Otot-otot yang bergerak cepat akan membawah seluruh lapisan kulit menjadi lebih kencang. Selain itu, senam zumba juga memberi manfaat sebagai terapi awet muda sehingga olahraga ini kerap menjadi alternatif untuk mencegah penuaan dini.

Nah, itu dia manfaat zumba yang bisa kamu dapatkan jika dilakukan secara rutin. Gimana? Tertarik untuk mencobanya? Olahraga ini bisa dilakukan mulai dari anak-anak, remaja, dewasa hingga lanjut usia. Tentunya dengan memperhatikan intensitas dan frekuensinya ya!

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
8,000SubscribersSubscribe

Latest Articles