26.2 C
Jakarta
Sunday, June 26, 2022

Hal yang Harus Anda Persiapkan Sebelum Naik Gunung

Kini banyak anak muda yang mulai menekuni hobi naik gunung. Tapi sebelum mencoba untuk mendaki, ada banyak persiapan yang perlu dilakukan bagi para pendaki pemula. Hal tersebut diperlukan demi keamanan dan keselamatan pada pendaki selama menjelajahi alam.

Kegiatan ini memang dapat memberikan efek relaksasi dan meredakan stress sehingga bisa membuat kita lebih bahagia. Agar dampak positif tersebut tak terganggu oleh risiko yang ada ketika mendaki, catat dan perhatikan berbagai persiapan yang diperlukan sebelum mendaki ini, ya.

Tentukan lokasi dan level mendaki

gambar istimewah

Ingat, bahwa tidak semua jalur hiking diciptakan sama. Jika ini adalah kesempatan pertama Anda untuk mendaki gunung, jangan serakah dan langsung menjajal lokasi yang sulit untuk dicapai dengan level kesulitan yang tinggi.

Pilihlah lokasi dengan jalur pendakian yang sesuai dengan kemampuan Anda. Kenali terlebih dulu jalur pendakian dari lokasi yang Anda pilih dengan bertanya atau membaca ulasan pendakian. Selain itu pertimbangkan waktu yang dibutuhkan untuk mendaki. Untuk latihan, Anda bisa memilih lokasi yang dekat dengan area tempat tinggal Anda dan bisa ditempuh beberapa jam saja. Sehingga Anda tidak perlu membawa tenda, baju ganti, ataupun beban lainnya.

Sendiri atau bawa teman

gambar istimewah

Apakah Anda akan melakukan solo hiking atau dengan teman dan kelompok? Bagi kebanyakan orang, mendaki gunung sendirian menjadi suatu pelarian untuk mencapai ketenangan batin. Namun, mendaki sendirian juga lebih berbahaya jika terjadi sesuatu saat Anda lengah dan keluar jalur. Agar lebih aman, ajak beberapa teman untuk mendaki bersama.

Cek lokasi dan cuaca

gambar istimewah

Penting untuk mengetahui seperti apa cuaca di lokasi pendakian sehingga Anda dapat mempersiapkan dan mengubah rencana jika diperlukan. Anda bisa memeriksa cuaca di lokasi melalui ramalan cuaca atau bertanya kepada penjaga pos pendakian atau pengawas di lokasi tersebut.

Baca Juga :  Pulau Kecil di Indonesia dengan Panorama Memikat

Cek apakah akan ada kabut tebal, hujan besar terutama badai petir, atau bahkan siaga letusan karena beberapa gunung di Indonesia merupakan gunung api yang masih aktif. Pertimbangan tersebut diperlukan, apakah pendakian perlu dilanjutkan atau menunda dan menunggu cuaca lebih baik. Risiko akibat cuaca buruk saat pendakian dapat berdampak fatal mulai dari tersesat di perjalanan atau hipotermia, jadi sebaiknya pendakian tidak dipaksakan dan datang kembali lain waktu.

Kabari jadwal pendakian Anda kepada orang tua atau saudara

gambar istimewah

Kabari teman dan keluarga di rumah tentang jadwal perjalanan Anda. Informasi kapan Anda berangkat, berapa lama, siapa saja teman yang ikut mendaki, termasuk lokasi sebaiknya diketahui oleh setidaknya salah satu anggota keluarga.Luangkan waktu sebelum berangkat untuk menjelaskan rincian rencana perjalanan Anda. Hal ini penting sebagai antisipasi jika ada sesuatu yang mungkin terjadi dalam perjalanan.

Persiapkan fisik Anda dari jauh-jauh hari

gambar istimewah

Naik gunung membutuhkan fisik yang prima. Ini karena tubuh bisa membakar energi yang bukan main besarnya selama mendaki kurang lebih 8 jam di area ekstrem. Selain itu, olahraga ini juga menyimpan berbagai risiko kesehatan yang wajib Anda waspadai, mulai dari hipotermia, mountain sickness, hingga edema paru.

Semua risiko ini bisa terjadi pada siapa saja, baik pendaki ulung maupun pemula. Sebab ketika Anda naik ke ketinggian lebih dari 2 ribu meter di atas permukaan laut, tubuh Anda harus dapat menyesuaikan diri dengan jumlah oksigen yang makin menipis.

Untuk menjamin kebugaran fisik Anda menjelang hari naik gunung, Anda perlu membangun keseimbangan, fleksibilitas, serta kekuatan pada kaki dan otot punggung Anda untuk dapat melewati jalur dakian. Olahraga juga dapat membantu Anda untuk menguatkan punggung dan bahu untuk membawa tas ransel gunung yang berat totalnya bisa mencapai 18 kilogram

Baca Juga :  5 Tempat Wisata di Jakarta Timur, Murah Meriah

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
8,000SubscribersSubscribe

Latest Articles