29.5 C
Jakarta
Tuesday, March 26, 2024

Kesalahan yang Sering Dilakukan saat Berolahraga

Berolahraga rutin adalah aktivitas untuk menjaga kebugaran. Selain dianjurkan untuk dilakukan secara rutin dan konsisten, juga harus dilakukan secara benar. Namun, sebagian orang tidak menyadari bahwa mereka melakukan beberapa kesalahan saat berolahraga.

Dilansir dari Halodoc, beberapa kesalahan yang dilakukan pada saat berolahraga justru menyebabkan cedera bahkan berakibat fatal. Kebiasaan melakukan kesalahan tersebut akan menghalangi tujuan dari olahraga. Berikut kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan saat berolahraga:

Tidak melakukan pemanasan dan pendinginan

Bagian terpenting dalam olahraga adalah pemanasan dan pendinginan. Namun, beberapa orang terkadang melupakan hal tersebut. Pemanasan bertujuan untuk meningkatkan detak jantung dan memperlancar peredaran darah, sehingga tubuh jadi lebih siap untuk berolahraga.

Salah satu kegunaan pemanasan agar otot-otot tubuhmu menjadi lebih kuat dan fleksibel ketika bergerak pada saat olahraga, serta mencegah terjadinya cedera. Sedangkan pendinginan bertujuan merilekskan otot dan tubuh setelah berolahraga. Gerakan pemanasan dan pendinginan pun terbilang sederhana. Kamu hanya perlu melakukan gerakan-gerakan peregangan selama 5-10 menit.

Tidak konsisten

Konsistensi dalam melakukan olahraga sangat penting untuk mencapai target kamu. Misalnya, ingin mencapai target tubuh ideal. Berolahraga sesekali atau hanya di akhir pekan saja nyatanya tidak akan efektif dan tak memberikan dampak yang signifikan. Jangan lupa untuk meningkatkan intensitas latihan sedikit demi sedikit.

Olahraga secara berlebihan

Sebagian besar orang berpikir semakin tinggi intensitas olahraga maka berat badan dan bentuk tubuh ideal semakin cepat diperoleh. Kenyataannya, cara tersebut hanya akan membuat tubuhmu kehabisan tenaga dan berisiko mengalami kerusakan otot, bahkan cedera.

Otot-otot tubuh yang sudah bekerja sangat keras saat kamu berolahraga juga butuh istirahat dan perlu waktu untuk proses pemulihan pascaolahraga. Jadi, agar stamina tubuh kamu tidak terkuras habis dan kamu tetap dapat mencapai tujuanmu, berolahragalah secukupnya dan tingkatkan intensitasnya secara perlahan.

Memilih latihan yang ringan saja

Olahraga yang baik adalah meningkatkan kapasitas dan intensitasnya secara bertahap. Misalnya, bila kamu sudah mampu melakukan sit up sebanyak lima kali, maka proporsinya perlu ditambah seiring bertambahnya waktu dan kemampuanmu.

Bagi wanita berusia di atas 35 tahun dan bagi kamu yang baru rutin berolahraga, memang dianjurkan untuk melakukan latihan yang berintensitas rendah terlebih dahulu untuk membiasakan diri dan otot-otot dalam tubuh.

Namun, jika kamu sudah berolahraga dalam jangka waktu yang cukup lama, kamu bisa pelan-pelan meningkatkan intensitasnya. Karena melakukan latihan berintensitas tinggi dapat meningkatkan kekuatanmu dan mempercepat pencapaian tujuanmu berolahraga.

Makan berlebihan

Rutin berolahraga bukan berarti tidak perlu mengatur pola makan. Meskipun anda sudah membiasakan diri untuk rutin berolahraga, konsumi makanan juga harus tetap di atur. Makan berlebihan dan menyantap makanan tinggi kalori dan tinggi lemak, bisa menghambat penurunan berat badan dan memengaruhi kondisi kesehatan kamu.

Kurang minum

Cairan membantu melindungi sendi dan menstabilkan tekanan darah serta detak jantung. Berolahraga dapat membuat tubuh kehilangan air dan elektrolit saat kamu berkeringat. Alhasil, proses ini juga memicu penumpukan asam laktat menumpuk di otot sehingga berisiko menyebabkan kram otot.

Postur yang keliru

Kesalahan lainnya saat berolahraga yang sering dilakukan oleh banyak orang adalah berolahraga dengan postur tubuh yang keliru. Pada dasarnya semua jenis olahraga meliputi dasar postur tubuh yang sama, yaitu duduk, berdiri, jongkok, dan berbaring. Namun, jika posisi dasar tersebut dilakukan dengan tidak tepat, maka bisa menyebabkan cedera.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
26,400SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles