32 C
Jakarta
Tuesday, March 26, 2024

Inilah Fakta Fakta Mengapa Planet Venus Tidak Bisa Ditinggali Makhluk Hidup

Venus merupakan planet terdekat kedua dengan matahari setelah Merkurius. Namanya sendiri diambil dari salah satu nama Dewi Romawi.

Venus dijuluki bintang karena bersinar begitu terang. Selain itu, planet ini ternyata menjadi planet yang menyeramkan karena paling panas di tata surya.

Masih ada beragam fakta lainnya dari planet Venus yang perlu diketahui. Untuk itu, simak informasi selengkapnya di bawah ini.

Planet Terpanas di Tata Surya

Atmosfer yang dimiliki Venus membuatnya menjadi planet yang paling panas di tata surya. Lebih tepatnya, ada kabut tebal yang menciptakan pemanasan global.

Sinar matahari menuju planet Venus ada yang dipantulkan dan ada juga yang diserap. Jadi, energi yang masuk terperangkap oleh atmosfer tebal Venus sehingga menyebabkan suhu permukaannya sangat panas. (lebih dari 471 derajat celcius).

Tak hanya sampai disitu. Berbeda dengan bumi, awan di Venus tidak menurunkan air melainkan asam sulfat yang dapat merusak jaringan kulit.

Di sisi lain, tekanan di permukaan objek langit Venus juga sangat tinggi akibat atmosfer tebalnya, yakni 90 kali lebih besar daripada tekanan di Bumi. Kondisi ini sangat bisa membuat manusia langsung hancur saat berdiri di planet tersebut. Ngeri!

Planet Paling Terang

gambar istimewa

Venus dikenal sebagai planet yang paling terang di Tata Surya. Maka dari itu, Venus kerap dijuluki bintang kejora, bintang fajar, bintang senja, bintang imur, hingga bintang barat.

Namun, perlu diketahui bahwa itu hanyalah sebatas julukan. Cahaya yang muncul nyatanya bukan berasal dari planet Venus sendiri, melainkan juga matahari.

Yang membuatnya sangat terang adalah atmosfer yang dimiliki. Mengutip Destiny, atmosfer planet Venus sangat berbeda dari bumi karena sebagian besar tersusun atas gas-gas rumah kaca (gas nitrogen, karbon dioksida, dan sulfur dioksida.).

Nah, adanya gas-gas itulah yang memungkinkan Venus untuk memantulkan kembali sekitar 70 persen cahaya matahari dan menjadikannya planet paling terang.

Satu Hari di Venus Lebih Terasa Lama

Tahukah bahwa satu hari di Venus berjalan lebih lama daripada satu tahunnya. Hal tersebut dikarenakan rotasi (berputar pada porosnya) planet ini yang sangat lama.

Kondisi itu membuat satu hari di Venus berlangsung selama 244 hari Bumi atau 5.832 jam! Padahal, masa revolusinya sendiri hanya membutuhkan 224,7 hari Bumi.

Matahari di Venus Tidak Terbit dari Barat

Keunikan planet paling panas dan terang ini juga tidak sampai disitu. Venus rupanya memiliki arah rotasi yang terbilang sangat aneh.

Jadi, saat Bumi dan planet lainnya berotasi berlawanan arah jarum jam, Venus malah berputar sebaliknya, yakni searah jarum jam. Jadi, matahari disana akan terbit dari arah barat dan terbenam di timur.

Memiliki Banyak Gunung Berapi

gambar istimewa

Venus ternyata punya lebih banyak gunung berapi ketimbang Bumi. Faktanya, jumlah gunung berapi disana paling banyak dibandingkan planet-planet tata surya lain.

Tercatat ada lebih dari 1.600 gunung berapi pada permukaan Venus. Para astronom bahkan memperkirakan ada gunung berapi mini yang sulit dilihat karena terlalu kecil. Namun, dari ribuan angka tersebut, disebutkan hanya 37 saja yang aktif.

Kembaran Bumi

gambar istimewa

Meski berbeda secara penampilan, Venus ternyata adalah planet yang paling mirip dengan Bumi. Dari ukuran dan berat, Bumi memang sedikit lebih besar dari Venus. Namun, dari segi komposisi dan jarak ke matahari, keduanya punya yang hampir sama.

Venus juga memiliki permukaan yang relatif muda dan atmosfer tebal. Sementara itu, awan di Venus adalah asam sulfat yang tidak bisa ditinggali manusia. Di sisi lain juga memantulkan cahaya, sehingga permukaan Venus tak terlihat di luar angkasa.

Tekanan Udara yang Berat

Manusia tidak bisa tinggal di Venus. Selain sulit bernapas dan suhunya terlalu panas, tekanan udara di permukaan planet ini juga dapat menghancurkan tubuh.

Tekanan planet Venus berada di 900 meter-1 kilometer kedalaman laut. Dimana paru-paru dan yang lainnya bisa dengan mudah hancur. Untuk itu, jangan coba-coba berencana menetap disana.

Itulah mengapa planet Venus tidak bisa ditinggali oleh makhluk hidup termasuk manusia, karena atmosfer yang dimiliki Venus membuatnya menjadi planet yang paling panas di tata surya.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
26,400SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles