30.9 C
Jakarta
Tuesday, March 19, 2024

Beberapa Buah yang Baik untuk Dikonsumsi Saat Berbuka Puasa

Tubuh mengalami perubahan saat puasa, termasuk fungsi enzim. Enzim yang biasanya dihasilkan sistem pencernaan perlahan berkurang. Maka itu, Anda disarankan konsumsi makanan yang baik untuk pencernaan saat buka puasa, salah satunya buah.

Mengonsumsi buah ketika buka puasa dapat membantu mengembalikan cairan, energi, serta elektrolit tubuh yang hilang. Ini karena buah-buahan merupakan sumber yang baik dari air, glukosa, vitamin, dan mineral.

Di antara banyaknya jenis buah-buahan, di bawah ini beberapa yang terbaik untuk buka puasa.

Kurma

gambar istimewa

Kurma dikenal sebagai salah satu makanan terbaik untuk berbuka puasa karena mengandung banyak serat, protein, dan mineral. Kurma juga padat kalori sehingga bisa membuat tubuh berenergi kembali setelah seharian berpuasa.

Semangka

gambar istimewa

Buah semangka terkenal dengan kandungan airnya yang melimpah sehingga cocok dikonsumsi saat berbuka puasa. Anda akan mendapatkan asupan vitamin, mineral, dan senyawa antioksidan yang dapat mengembalikan keseimbangan elektrolit.

Anggur

gambar istimewa

Buah anggur bisa menjadi alternatif yang baik untuk buka puasa. Buah ini memiliki rasa segar dan manis yang dapat mengembalikan cairan dan gula di dalam tubuh. Selain itu, kandungan air dan seratnya juga bisa membantu mencegah sembelit.

Apel

gambar istimewa

Meski kandungan airnya tidak sebanyak semangka, buah apel mengandung serat yang juga bermanfaat bagi kesehatan. Di dalam tubuh Anda, serat pada apel akan membantu menyiapkan organ-organ pencernaan untuk menerima makanan yang lebih padat.

Jeruk

gambar istimewa

Sebagian besar kandungan jeruk yaitu karbohidrat dan air, dengan gula berbentuk glukosa, fruktosa, dan sukrosa. Meski tinggi kandungan gula, buah jeruk tidak meningkatkan gula darah dengan cepat sehingga aman bagi penderita diabetes.

Stroberi

gambar istimewa

Buah stroberi baik untuk buka puasa terutama karena manfaatnya dalam mengontrol gula darah. Buah ini memperlambat pencernaan glukosa. Jadi, Anda bisa mendapatkan asupan gizi dan cairan tanpa risiko gula darah melonjak drastis.

Mangga

gambar istimewa

Satu potong buah mangga mengandung 257 gram kalium serta bisa memenuhi 25% kebutuhan vitamin A dan 76% vitamin C Anda. Mangga cocok untuk buka puasa karena bisa membantu mengembalikan cadangan vitamin dan mineral dalam tubuh.

Pisang

gambar istimewa

Pisang merupakan sumber energi dan mineral, terutama kalium. Mengonsumsi buah pisang saat buka puasa bisa membantu memulihkan energi dan keseimbangan elektrolit yang mungkin berubah akibat kurangnya asupan makanan selama berpuasa.

Blewah

gambar istimewa

Anda mungkin sering menemukan blewah dalam es buah sebagai makanan berbuka puasa. Buah blewah tidak hanya menyegarkan, tapi juga baik untuk buka puasa karena kaya akan mineral serta gula yang bisa mengembalikan energi Anda.

Pir

gambar istimewa

Ada banyak manfaat buah pir, salah satunya mengembalikan cairan tubuh yang hilang setelah berpuasa. Selain itu, kandungan serat pada pir juga dapat memberikan rasa kenyang lebih lama sehingga Anda tidak makan berlebihan saat buka puasa.

Belimbing

gambar istimewa

Buah belimbing tidak hanya kaya vitamin dan mineral, tapi juga antioksidan quercetin, asam galat, dan epikatekin. Berbagai antioksidan ini dapat melindungi tubuh dari efek radikal bebas, meredakan peradangan, dan menurunkan kadar kolesterol darah.

Melon

gambar istimewa

Buah melon juga sering diolah menjadi es buah untuk buka puasa. Buah ini memiliki kandungan air yang tinggi sehingga bisa mencegah dehidrasi. Tidak hanya itu, konsumsi melon juga dapat membantu memenuhi kebutuhan vitamin A dan C Anda.

Buah-buahan merupakan salah satu bahan makanan paling menyehatkan, termasuk untuk buka puasa. Pasalnya, buah mengandung air, vitamin, mineral, dan berbagai zat gizi lainnya yang mungkin hilang setelah Anda berpuasa seharian.

Untuk mempertahankan nilai gizi dan manfaatnya, sebaiknya makanlah buah-buahan dalam bentuk yang masih segar. Batasi penggunaan gula tambahan agar menu buka puasa Anda tetap menyehatkan.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
26,400SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles