31.9 C
Jakarta
Monday, March 18, 2024

Buah-buah Paling Sehat untuk Penuhi Asupan Gizi Harian Anda

Buah banyak digemari karena sumber makanan sehat yang kaya akan vitamin, mineral, serat, dan antioksidan. Buah juga punya rasa segar dan manis. Anda sebaiknya makan buah-buahan setiap harinya demi menjaga kesehatan tubuh. Cobalah pilihan buah terbaik berikut ini! Setiap buah punya kandungan gizi dan manfaat untuk kesehatan yang berbeda-beda.

Di bawah ini daftar buah yang sebaiknya rutin Anda konsumsi karena termasuk buah-buahan paling sehat. Apa saja?

Apel

gambar istimewa

Apel termasuk buah sehat yang bisa dikonsumsi saat diet ketat. Buah ini mengandung banyak serat sehingga bisa membuat Anda kenyang tahan lama.

Selain itu, apel rendah kalori jadi tidak usah khawatir asupan kalori akan melonjak. Makan buah apel juga baik untuk otak serta jantung Anda. Mengonsumsi 100–150 gram apel per hari berpotensi menurunkan tekanan darah tinggi, peradangan, serta kolesterol jahat di dalam tubuh.

Selain itu, apel membantu meningktakan kadar kolesterol baik sekaligus menjaga fungsi selaput jantung. Manfaat ini didapatkan dari senyawa flavonoid dan serat apel. Kandungan flavonoid juga bantu cegah penyakit demensia yang kerap kali menyerang orang yang lanjut usia.

Nanas

gambar istimewa

Rasanya yang asam manis membuat nanas cocok untuk hidangan penutup setelah makan. Atau juga bisa dijadikan camilan sehat pada siang hari. Tak hanya rasanya yang enak, buah ini ternyata mengandung zat yang bersifat antiradang. Ini membantu Anda untuk menurunkan risiko penyakit infeksi.

Nanas juga mengandung enzim bromelain. Enzim ini berpotensi membantu mempercepat proses penyembuhan luka. Bromelain juga merupakan agen antiradang yang bisa mengurangi bengkak serta memperbaiki lapisan organ yang rusak dengan lapisan yang baru.

Mangga

gambar istimewa

Buah musiman yang sehat ini ternyata punya kandungan beta-karoten yang tinggi. Di dalam tubuh, beta-karoten zat ini akan berubah menjadi vitamin A. Vitamin A dan vitamin C yang juga terkandung di dalam mangga membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh. Jadi, Anda tidak rentan terkena penyakit infeksi. Mangga juga kaya akan gula alami sehingga membantu Anda mengembalikan energi dengan cepat.

Delima

gambar istimewa

Bukan cuma teh hijau memiliki senyawa dengan antioksidan yang tinggi, delima pun demikian. Jumlah senyawa bersifat antioksidan yang dimiliki delima lebih tinggi. Senyawa ini membantu Anda tetap awet muda.

Ya, antioksidan ampuh mencegah terjadinya radikal bebas di dalam tubuh yang merupakan penyebab kerusakan sel-sel, termasuk sel kulit.

Delima kaya akan senyawa polifenol yang khas, seperti punicalagin, antosianin, dan hydrolysable tannin. Inilah yang menjadi sumber utama antioksidan di dalam buah sehat tersebut.

Pisang

gambar istimewa

Anda bisa mengandalkan buah pisang yang sehat sebagai salah satu sumber karbohidrat.

Ya, si buah kuning ini punya kandungan karbohidrat dan serat yang tinggi sehingga bisa membuat Anda kenyang lebih lama.

Selain itu, pisang punya mineral kalium yang baik untuk kesehatan jantung Anda. Kalium akan membantu mengeluarkan kadar natrium berlebih di tubuh melalui urine. Jika Anda mengonsumsi asupan tinggi natrium, Anda rentan mengalami hipertensi yang bisa menimbulkan berbagai komplikasi penyakit jantung.

Pisang juga baik untuk meredakan diare. Pasalnya, buah sehat yang menjadi sumber serat ini baik untuk memadatkan feses Anda. Jadi, tekstur feses tidak lagi cair seperti saat diare.

Stroberi

gambar istimewa

Buah ini memang kecil, tetapi besar manfaatnya untuk kesehatan tubuh. Dalam 100 gram, ada 56 mg vitamin C yang terkandung. Artinya, stroberi dengan takaran ini membantu memenuhi asupan vitamin C harian hingga 62 persen.

Tak hanya itu, buah ini kaya akan mineral yang baik untuk menjaga kepadatan tulang, seperti:

  • kalsium,
  • kalium,
  • magnesium,
  • fosfor.

Stroberi juga mengandung senyawa fenolik khusus bernama ellagic acid. Senyawa ini memiliki potensi antioksidan, antiperadangan, dan prebiotik atau mendukung keberlangsungan bakteri baik pada usus.

Pada dasarnya, buah-buahan adalah salah satu asupan sehat yang harus Anda konsumsi setiap hari. Pastikan Anda mengonsumsi buah sebanyak 150 gram atau setara dengan sepertiga piring dalam sekali makan.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
26,400SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles