30.1 C
Jakarta
Wednesday, March 13, 2024

Mengenal Manfaat dan Sumber Makanan dari Vitamin B3

Termasuk jenis vitamin larut air, vitamin B3 alias niasin (niacin) menawarkan ragam manfaat untuk tubuh. Vitamin B kompleks ini tidak hanya mengubah makanan menjadi energi, tapi juga kaya khasiat. Perdalam informasi seputar vitamin B3 berikut ini.

Apa itu vitamin B3?

Vitamin B3 adalah jenis vitamin B kompleks yang dapat Anda jumpai di beberapa makanan. Selain itu, vitamin ini biasanya dimasukkan ke dalam makanan tertentu dan bisa Anda konsumsi sebagai suplemen.

Ada dua jenis niasin yang paling umum, yakni asam nikotinat dan nicotinamida. Bila Anda mengonsumsi niacin terlalu banyak, tubuh akan mengeluarkannya melalui urine karena vitamin ini larut di dalam air.

Sama seperti jenis vitamin B lainnya, niasin bekerja sebagai koenzim bersama dengan lebih dari 400 enzim lainnya. Dengan begitu, fungsi vitamin B3 pun berjalan dengan baik, yakni mengubah makanan menjadi energi.

Kebutuhan harian vitamin B3

Setiap orang membutuhkan vitamin B3. Namun, terlalu banyak mengonsumsi vitamin tentu bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Itu sebabnya, Anda perlu mengetahui dahulu berapa kebutuhan harian niasin agar fungsi tubuh berjalan dengan baik.

Berikut ini angka kebutuhan niasin harian pada orang dewasa menurut Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

  • Pria (18 s/d 60 tahun): 16 mg
  • Wanita (18 s/d 60 tahun): 14 mg

Bila ragu, tanyakan kepada dokter atau ahli gizi terkait kebutuhan vitamin harian sesuai dengan kondisi Anda. Dengan begitu, Anda bisa mengatur pola makan dengan baik untuk memenuhi kecukupan niasin.

Manfaat vitamin B3

Setelah mengenali berapa banyak kebutuhan harian niasin Anda, jangan lupa untuk mencari tahu apa saja manfaatnya. Berikut ini beberapa manfaat niasin yang tentu sayang Anda lewatkan.

Membantu mengendalikan kolesterol

gambar istimewa

Salah satu manfaat vitamin B3 yaitu membantu mengendalikan kolesterol. Para peneliti percaya bahwa niasin dapat meningkatkan kolesterol baik (HDL) dan menurunkan kolesterol jahat (LDL).

Hanya saja, Anda perlu berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakan suplemen niasin, terutama ketika menjalani pengobatan kolesterol tinggi.

Mengurangi risiko diabetes

gambar istimewa

Berkat khasiat vitamin B3 yang membantu meningkatkan kolesterol baik (HDL), risiko penyakit diabetes pun ikut berkurang. Pasalnya, vitamin ini membantu menyeimbangkan kadar kolesterol yang bisa menjadi penyebab diabetes.

Meski begitu, vitamin ini disinyalir dapat meningkatkan kadar gula darah (glukosa). Namun, para ahli menyimpulkan bahwa jenis vitamin ini masih aman digunakan para penderita penyakit diabetes.

Meningkatkan fungsi otak

gambar istimewa

Nyatanya, otak manusia membutuhkan vitamin B3 sebagai bagian dari koenzim NAD dan NADP. Keduanya diperlukan untuk memperoleh energi sehingga fungsi otak berjalan dengan baik.

Tidak hanya itu, niasin juga telah terbukti dapat membantu mengatasi gangguan skizofrenia. Hal tersebut dibuktikan melalui penelitian yang dimuat dalam Shanghai archives of psychiatry.

Para peneliti dalam studi ini mengungkapkan bahwa vitamin ini dapat membantu memperbaiki kerusakan sel otak. Maka dari itu, niasin diperlukan guna mencegah terjadinya kerusakan pada otak.

Memperlambat proses penuaan

gambar istimewa

Bila ingin awet muda, usahakan untuk memenuhi kebutuhan niasin harian Anda. Pasalnya, vitamin B3 digadang-gadangkan dapat memperlambat proses penuaan. Bagaimana bisa?

Pada saat tubuh mendapatkan niasin, vitamin ini akan diubah menjadi dua bentuk yang berbeda, yakni nikotinamida adenin dinukleotida (NAD) dan nikotiniamida dinukleotida fosfat (NADP).

Kedua bentuk niacin tersebut mampu menjadi antioksidan kuat yang dapat melindung tubuh dari kerusakan radikal bebas. Selain itu, bentuk vitamin ini juga menghasilkan energi yang dibantu oleh sirtuin.

Sirtuin memiliki kemampuan untuk memperlambat sejumlah gen dalam tubuh yang berkontribusi terhadap proses penuaan.

Memelihara kesehatan kulit

gambar istimewa

Selain memperlambat proses penuaan, manfaat lainnya vitamin ini yang tak boleh Anda lewatkan yaitu menjaga kesehatan kulit.

Menurut penelitian dari Photochemical & photobiological sciences, niacin membantu melindungi sel kulit dari kerusakan akibat sinar UV. Hal ini ternyata bisa Anda peroleh baik melalui konsumsi suplemen atau dioleskan sebagai losion.

Tidak heran bila Anda sering menemukan beberapa produk perawatan kulit yang mengandung niacin mengingat manfaat yang diberikan.

Sumber vitamin B3

Kabar baiknya, Anda bisa menemukan niasin dalam sejumlah makanan. Selain itu, ada beberapa makanan yang diperkaya oleh niasin.

Beberapa jenis makanan yang menjadi sumber vitamin ini antara lain:

  • protein hewani, seperti ayam, daging sapi, dan ikan,
  • kacang-kacangan, polong-polongan, dan biji-bijian, serta
  • roti dan sereal yang diperkaya oleh niasin

Vitamin B3 memang penting bagi tubuh. Namun, selalu diskusikan dengan dokter kebutuhan harian vitamin yang diperbolehkan. Hal ini terutama berlaku pada orang yang memiliki kondisi kesehatan tertentu atau tengah menjalani pengobatan.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
26,300SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles