31.1 C
Jakarta
Tuesday, April 16, 2024

Ini Dia! Tips Merawat Bibir Saat Musim Hujan, Jangan Sampai Pucat!

Cuaca beberapa waktu belakangan ini, terutama di Jakarta bisa dibilang seperti musim pancaroba. Awalnya terik panas, tapi menuju sore hingga malam hari, mendadak hujan deras dalam waktu yang lama.

Selayaknya musim panas, saat musim hujan yang dingin pun, perawatan kulit termasuk bibir juga harus diperhatikan. Jangan sampai karena suhu lembap, dingin, dan hujan membuat bibir Anda jadi pucat, kuyu, dan tak menarik.

Tenang, jika bingung bagaimana cara merawat bibir saat musim hujan. Yuk intip tips tips merawat bibir saat musim hujan agar tetap sehat dan tidak pucat di bawah ini.

Minum banyak air putih

gambar istimewa

Cara melembabkan bibir kering secara alami bisa dimulai dengan minum banyak air putih. Kekurangan cairan bisa menyebabkan bibir kering dan pecah-pecah. Jadi, usahakan selalu minum cukup air putih agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik.

Hindari menjilat, mengigit, dan mengutak atik bibir

gambar istimewa

Setelah minum cukup air putih, pastikan untuk menghindari kebiasaan menjilat, menggigit, dan mengutak-atik bibir kering. Aktivitas yang sekilas terlihat sepele tersebut dapat membuat kondisi bibir semakin parah. Selain itu, cara agar bibir tidak kering lainnya yakni dengan menjaga air liur tidak menguap di bibir. Hal itu bisa membuat bibir semakin kering.

SPF

Hindari keluar rumah tanpa perlindungan dari tabir surya, dan ingat bahwa SPF tidak hanya untuk wajah dan tubuh tetapi juga untuk bibir loh! Sinar UV bisa merusak bibir, seperti halnya ia merusah kulit wajah dan tubuh. Jadi, pakailah produk bibir yang mengandung SPF sebagai pelindungan saat aktivitas sehari-hari.

Pijat bibir

Sama halnya dengan tubuh, bibir juga perlu dipijat. Massage atau ;pijat bibir, Anda bisa gunakan butter, krim jojoba, atau minyak zaitun. Lalu pijat bibir dengan lembut di bibir, cara ini bisa meningkatkan sirkulasi darah dan membuat warna bibir jadi merah muda alami.

Eksfoliasi kulit bibir

gambar istimewa

Jangan hanya tubuh yang rutin di-scrub, lakukan hal yang sama juga pada bibir. Ketika bibir tertutup kulit mati, itu tidak hanya mengganggu, tetapi juga bisa sangat menyakitkan. Jadi, untuk menghilangkan bibir yang penuh dengan sel-sel mati dan kotoran, maka lakukan eksfoliasi bibir.

Saat scrubbing, lakukan dengan gerakan lembut tanpa menggunakan scrubber butiran yang keras. Misalnya, bisa mengoleskan petroleum jelly apa saja yang tersedia di pasaran. Selain itu, selalu ingat untuk cukup minum air yang membantu menghidrasi tubuh dan juga bibir.

Pakai oil atau lip balm

gambar istimewa

Trik menghidrasi dan menghaluskan bibir kering secara instan, yakni dengan mengaplikasikan serum bibir. Mengingat kulit bibir itu tipis, hindari balm dan minyak yang mengandung bahan kimia keras atau racun, seperti wewangian sintetis, lanolin, atau asam salisilat, yang dapat menyebabkan iritasi.

Bawa dan pakai serum bibir yang mengandung minyak esensial, agar menjaga bibir tetap terhidrasi. Sehingga bibir tak pecah-pecah. Pilih produk dengan kandungan vitamin A, B, D, E dan asam lemak esensial tinggi karena ini memiliki kemampuan luar biasa untuk menghidrasi dan menyehatkan bibir, sekaligus melindungi dari kerusakan oksidatif.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
26,500SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles