28 C
Jakarta
Thursday, March 28, 2024

Stop Meletakkan Tanaman Hias Dekat dengan Kipas Angin, Ini Alasannya

Saat cuaca panas melanda atau selama hari-hari musim kemarau, penggunaan AC dan kipas angin akan lebih meningkat. Namun, bagi Anda yang memiliki tanaman hias di dalam ruangan, sebaiknya memperhatikan penggunaan peralatan elektronik tersebut. Daniel Bruce, CEO Nature by Letterbox—toko tanaman hias—memperingatkan bahwa kipas angin atau AC bisa menjadi sedikit masalah bagi tanaman hias.

“Jika mengkhawatirkan tanaman hijau saat suhu panas, Anda mungkin berpikir memindahkan satu di depan kipas angin untuk mendinginkannya pada siang hari,” kata Daniel dari Real Homes, Selasa (28/6/2022).  Namun, ada banyak tanaman, terutama tanaman tropis, tidak bekerja dengan baik dengan udara kering dan dingin pada dedaunan mereka.

Jadi, kipas angin (atau lebih buruk, unit AC) akan menghalangi tanaman dari suhu ruangan dan kelembapan yang dibutuhkannya untuk berkembang. Daniel mengatakan meletakkan tanaman hias dalam ruangan yang sama dengan kipas angin tidak menjadi masalah, asalkan posisinya tidak terlalu berdekatan. Jika khawatir tentang tingkat kelembapan, semprotkan air pada daun tanaman menggunakan botol semprot.

Pentingnya posisi kipas angin

gambar istimewa

Sementara itu, pendiri Plant Pet Club, Anna, mengatakan kipas angin dapat membahayakan tanaman hias. Anna setuju kipas angin tidak akan menjadi masalah selama tidak diposisikan dekat dengan tanaman atau meniup langsung ke tanaman hias. Anna mencontohkan, sirkulasi udara dan ventilasi sebenarnya bermanfaat bagi tanaman dan membantunya untuh tumbuh. “Kipas angin banyak digunakan di rumah kaca karena alasan itu,” ujar Anna.

Untuk menikmati suasana hijau dan sejuk di rumah, Anna menyarankan menempatkan kipas angin sejauh mungkin dari tanaman hias. Anaa juga mengimbau untuk memastikan kipas angin tidak mengubah suhu ruangan secara drastis, karena tanaman tidak akan menikmati fluktuasi panas yang signifikan sepanjang hari. Beberapa tanaman seperti kaktus sangat senang dengan gelombang panas dan tidak membutuhkan perawatan ekstra.

Periksa tanaman apakah mengalami dehidrasi. Caranya, memasukkan jari Anda ke tanah sedalam dua atau lima sentimeter. Apabila tanah sudah kering, lakukan penyiraman. Kipas angin adalah penyelamat saat cuaca panas, tetapi pastikan tidak meletakkanya terlalu dekat dengan tanaman hias.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
26,400SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles