26.9 C
Jakarta
Sunday, March 24, 2024

8 Tempat Wisata Menarik di Surabaya

Surabaya selain dikenal sebagai Kota Pahlawan, juga mempunyai segudang tempat wisata yang menarik. Tempat wisata yang dimiliki pun beragam, mulai dari wisata alam, museum hingga wahana air dan berenang di Atlantis Land. Bagi yang hendak berlibur atau sejenak berkunjung ke Surabaya bisa mencoba tempat wisata menarik berikut

Pantai Kenjeran

gambar istimewa

Pilihan pertama adalah menikmati waktu bersama keluarga di Pantai Kenjeran atau yang memiliki nama Taman Hiburan Pantai Kenjeran.

Berdasarkan informasi di laman resmi Tiket Wisata Surabaya milik Pemerintah Kota, pantai ini lokasinya di sisi timur laut Kota Surabaya, tepatnya di Jalan Pantai Lama Kenjeran No 1, dekat dengan Jembatan Suroboyo.

Masyarakat yang datang akan disuguhi wisata pesisir pantai dengan latar belakang Jembatan Suramadu. Beragam fasilitas seperti taman bermain, gazebo, anjungan, stan–stan souvenir produk UMKM, dan foodcourt yang menawarkan berbagai pilihan kuliner khas pesisir tersedia di sana. Kawasan ini buka mulai pukul 07.00-16.00 WIB dengan harga tiket masuk (HTM) Rp 10.000.

Museum Tugu Pahlawan

gambar istimewa

Pilihan wisata kedua di Kota Surabaya adalah mengunjungi Museum Tugu Pahlawan yang terletak di Jalan Pahlawan. Di sana terdapat monumen untuk mengenang sejarah perjuangan Pahlawan Kemerdekaan dalam peristiwa pertempuran 10 November 1945 di Surabaya. Fisik monumen dibuat dengan bentuk menyerupai paku terbalik dengan tinggi 45 yard atau sekitar 40,50 meter.

Untuk melengkapi monumen, dibangunlah fasilitas sejarah yaitu Museum 10 November yang di dalamnya terdapat ratusan koleksi seperti foto, senjata rampasan, dan artefak peninggalan pertempuran di Surabaya, juga fasilitas pendukung lain yaitu diorama elekronik dan diorama statis. Museum dapat dikunjungi sejak pukul 08.00-15.00 dengan HTM Rp 5.000.

Wisata Perahu Kalimas

gambar istimewa

Pilihan ketiga adalah menikmati suasana sore atau malam dengan naik perahu di Kalimas di Jalan Ketabang Kali No. 5. Ada dua rute perahu, pertama adalah Taman Prestasi-Museum Pendidikan

Rute ini menawarkan nuansa lampu lampion di sepanjang rute Taman Prestasi sampai Taman Ekspresi. Pengunjung dapat menikmati spot foto di Museum Pendidikan, Taman Ekspresi, dan Pasar Apung.

Pintu masuk dan titik akhir dari rute ini adalah di Taman Prestasi. Kedua adalah rute Monumen Kapal Selam-SIOLA. Untuk rute kedua, pengunjung dapat menikmati spot foto di Air Mancur Patung Suroboyo, Taman Skate & BMX, Pasar Apung, Museum Pendidikan, dan Dermaga Siola.

Berwisata di sini, pengunjung sudah termasuk tiket masuk Monumen Kapal Selam. Jika ingin menaiki perahu dan menikmati suasana di sana, datanglah antara pukul 15.00-21.00 WIB.

Kebun Binatang Surabaya

gambar istimewa

Pilihan selanjutnya adalah bertemu dengan ratusan jenis satwa di Kebun Binatang Surabaya (KBS). Informasi dari laman resmi KBS, di sana terdapat lebih dari 211 spesies satwa dan jumlahnya mencapai 2.236 ekor. Termasuk di dalamnya satwa langka Indonesia maupun dunia yang terdiri dari Mamalia, Aves, Reptilia, dan Pisces.

Tidak hanya sekadar melihat satwa, pengunjung juga bisa mendapatkan edukasi serta hiburan dalam waktu yang sama, karena akan ada jasa pemandu yang bisa memberi beragam informasi kepada pengunjung. HTM ke KBS dibedakan atas 5 paket edukasi berbeda, mulai dari Rp 40.000- Rp 90.000.

Ekowisata Mangrove

gambar istimewa

Cukup dengan membayar tiket masuk sebesar Rp 5.000, Anda sudah bisa menikmati pemandangan hijau hutan mangrove yang ada di Ekowisata Mangrove di daerah Rungkut, Surabaya. Lokasinya terdapat di Jalan Wonorejo Nomor 1. Di sana, Anda bisa menikmati cuaca hangat Surabaya sembari memandang landskap alam berupa hutan mangrove ini.

Tak hanya memandang, pengunjung juga dapat menjelajah lebatnya hutan mangrove dengan melintasi jembatan-jembatan kayu yang dibuat. Selain hijau, lokasi ini juga cukup tertata dan indah untuk diabadikan melalui lensa kamera.

Berdasarkan informasi Badan Perencanaan Pembangunan Kota Surabaya, tidak ada biaya tiket yang harus dikeluarkan untuk mengunjungi area seluas kurang lebih 200 hektar ini. Namun, bagi Anda yang ingin menyewa kapal wisata, maka akan dikenakan biaya Rp 25.000 untuk dewasa dan Rp 15.000 untuk anak-anak.

Hutan Bambu Keputih

gambar istimewa

Selanjutnya, masih nuansa alam terbuka, Anda bisa mengajak keluarga tercinta untuk berwisata di Hutan Bambu Keputih. Terletak di Jalan Raya Marina Asri, Keputih, Sukolilo, pengunjung bisa menikmati suasana hijau dan sejuk di bawah bqtang-batang bambu yang menjuntai tinggi.

Lokasi ini juga cantik untuk menjadi tempat berfoto dengan latar belakang deretan pohon bambu. Hasil foto di lokasi ini bisa membuat pengunjung sedang berada di Sagano Bamboo Forest yang terkenal di Jepang. Hutan ini berada satu lokasi dengan Taman Harmoni dan Taman Ruang Publik di area seluas 40 hektar.

Semula, lokasi ini hanyalah tempat pembuangan sampah akhir (TPA), namun diubah sedemikian rupa menjadi hutan bambu yang memiliki daya tarik wisata. Perubahan terjadi di era kepemimpinan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini.

Food Junction, Grand Pakuwon

gambar istimewa

Selanjutnya adalah mengunjungi Food Junction yang ada di Grand Pakuwon. Di sana, Anda bisa mengajak keluarga atau teman untuk menikmati beragam menu makanan yang dijajakan.

Tak hanya itu, Anda juga bisa menikmati makanan tersebut sembari menikmat pemandangan danau buatan. Tidak ada tiket masuk untuk masuk ke sana, kecuali biaya parkir dan biaya untuk membeli makanan itu sendiri.

Atlantis Land

gambar istimewa

Bagi yang ingin bermain beragam wahana air dan berenang, Atlantis Land bisa menjadi tujuan liburan Anda. Di area seluas belasan hektar itu, pengunjung dapat menikmati kolam renang, berbagai seluncuran, juga wahana-wahana permainan air lainnya yang tak kalah menyenangkan.

HTM lokasi ini adalah Rp 100.000 untuk Senin-Jumat, dan Rp 125.000 untuk Sabtu, Minggu, dan hari besar. Selain lokasi-lokasi wisata di atas, masih ada banyak lokasi wisata sejarah, edukasi, serta hiburan yang bisa Anda datangi saat berada di Surabaya.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
26,400SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles