32 C
Jakarta
Wednesday, April 17, 2024

Ini adalah Contoh Contoh Efek Samping Filler Hidung yang Perlu Diketahui

Filler hidung merupakan prosedur kecantikan yang cukup populer, tetapi cara ini bukan berarti tanpa efek samping. Filler hidung menjadi pilihan karena tindakan medis ini tidak menggunakan operasi, tetapi menyuntikkan cairan ke bagian hidung yang Anda inginkan. Meski tanpa prosedur operasi, ada sejumlah efek samping dari filler hidung, berikut penjelasannya.

Efek samping filler hidung

gambar istimewa

Mempercantik tampilan hidung bisa dengan dua cara, filler dan tanam benang. Kedua prosedur ini sama-sama tidak melalui operasi, tetapi tetap harus dilakukan oleh dokter yang berpengalaman.

Untuk filler, cara melakukannya adalah dengan menyuntikkan zat seperti gel bernama dermal filler di bawah untuk mengembalikan volume yang hilang. Gel ini juga bermanfaat untuk menyamarkan garis halus dan kerutan.

Setidaknya, satu juta pria dan wanita Amerika Serikat memilih filler hidung sebagai perawatan peremajaan wajah. Meski tindakan ini lebih singkat dan hemat biaya daripada operasi hidung, filler hidung tetap bisa menimbulkan efek samping, berikut penjelasannya.

Reaksi pada kulit yang disuntik

Penelitian terbitan Journal of Cutaneous and Aesthetic Surgery mengungkapkan bahwa ada sejumlah efek samping suntik filler pada kulit.

Reaksi yang paling umum adalah perubahan dan nyeri pada area suntikan, seperti:

  • bengkak,
  • memar,
  • kemerahan,
  • nyeri,
  • gatal, sampai
  • infeksi.

Biasanya, memar dan bengkak akan mereda dalam beberapa hari. Anda bisa mengatasinya dengan mengompres air es setelah atau sesudah sesi penyuntikan filler.

Infeksi

Efek samping filler hidung yang satu ini terbilang sangat jarang. Kalau pun terjadi, dokter akan memberikan antibiotik aktif untuk membunuh bakteri pada kulit. Peradangan bisa terjadi karena infeksi bakteri tingkat rendah, seperti Staphylococcus epidermidis atau Propionibacterium acnes di sekitar tindakan penyuntikkan.

Maka dari itu, dokter tidak akan melakukan penyuntikkan bila ada tempat infeksi berdekatan di wajah.

Alergi dan hipersensitif

Reaksi alergi dan hipersensitif tergantung pada bahan filler yang Anda gunakan. Bila Anda menggunakan kolagen sapi, ini bisa memicu hipersensitif sistemik seperti demam dan urtikaria (biduran).

Umumnya, dokter akan melakukan pemeriksaan tes kulit untuk melihat apakah Anda memiliki alergi terhadap kolagen sapi. Sementara itu, filler hidung memakai gel mengandung hyaluronic acid. Jadi, kemungkinan efek samping yang Anda rasakan adalah pembengkakan. Namun, efek ini baru berkembang bulanan atau tahunan setelah penyuntikan.

Kematian sel kulit

Efek samping filler hidung yang satu ini bisa terjadi bila Anda melakukan filler sendiri atau bukan dengan ahlinya. Memang, filler terbilang lebih murah daripada operasi plastik, tetapi harganya masih terbilang mahal bagi sebagian kalangan.

Sebagian orang yang menganggap prosedur filler legal mahal sehingga memilih membeli suntikan dan melakukan sendiri. Tentu saja filler hidung sendiri dan tidak sama ahlinya bisa menimbulkan masalah dan efek samping berbahaya.

Kebersihan dan ketidakaslian gel yang Anda beli secara online bisa menyebabkan reaksi alergi, infeksi, sampai kematian sel kulit. Risiko lain adalah pembengkakan, gumpalan, bahkan sampai kebutaan karena menyuntikkan ke lokasi yang tidak tepat.

Komplikasi rusak jaringan hidung

Pada sebagian kasus, filler hidung bisa menimbulkan komplikasi parah seperti kerusakan jaringan hidung sampai kerusakan pembuluh darah. Komplikasi ini bisa terjadi ketika bahan filler masuk ke dalam pembuluh darah. Umumnya, kondisi tersebut bisa terjadi karena dilakukan oleh orang yang kurang kompeten.

Maka dari itu, sebaiknya memilih dokter bedah plastik atau estetika ketika akan melakukan filler hidung. Sebelum melakukan filler, tanyakan dengan dokter tentang efek samping tersebut.

Katakan juga jenis alergi yang mungkin Anda alami agar dokter bisa menyesuaikan bahan filler yang Anda gunakan.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
26,500SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles