32 C
Jakarta
Tuesday, March 26, 2024

Ternyata 7 Bukti Bumi Bulat yang Sulit Dibantah

Kita mengetahui bahwa Bumi bulat sejak zaman Sebelum Masehi. Namun, hingga saat ini masih ada yang tidak percaya dan mengatakan bahwa Bumi bukan bulat, melainkan datar. Bukti bahwa Bumi bulat dapat dibuktikan dengan fenomena berikut ini.

Variasi rasi bintang

bumi bulat
gambar istimewa

Setiap bagian Bumi menunjukkan variasi rasi bintang yang berbeda. Hal ini diungkapkan oleh Aristoteles yang melakukan pengamatan terhadap rasi bintang di langit. Beliau menemukan bahwa rasi bintang yang terlihat di Mesir dan Cyprus tidak terlihat di bagian utara. Berdasarkan pengamatan ini, Aristoteles yakin bahwa Bumi berbentuk bulat.

Jika bumi berbentuk datar, seharusnya rasi bintang yang diamati masih sama, namun hanya berbeda jarak saja. Rasi bintang tersebut akan tetap terlihat walau lebih jauh.

Bayangan di permukaan Bumi

bumi bulat
gambar istimewa

Tokoh kedua yang menemukan bahwa Bumi bulat adalah Eratosthenes. Bahkan, beliau menemukan cara menghitung keliling Bumi yang hampir akurat. Teori tersebut ditemukan dengan cara memperhatikan perbedaan panjang dua bayangan yang sama pada waktu yang sama di dua tempat yang berbeda.

Panjang bayangan yang ditemukan pada kedua tempat berbeda dan menunjukkan bahwa Bumi bulat. Jika bumi datar, maka bayangan yang harusnya tercipta antara kedua tempat seharusnya sama.

Bentuk bulan dan planet lain

bumi bulat
gambar istimewa

Pengamatan bentuk Bulan dan planet lainnya membuktikan bahwa benda-benda langit tersebut berbentuk bulat. Semua planet terbentuk dalam waktu dan lingkungan yang sama. Oleh karena itu, jika planet lain berbentuk bulat, maka masuk akal jika Bumi berbentuk bulat.

Hal ini diperkuat dengan pengamatan yang dilakukan oleh Galileo Galilei pada tahun 1610. Beliau menemukan bahwa Jupiter memiliki bulan yang bergerak mengelilinginya. Galileo meyakini bahwa Bulan juga mengelilingi Bumi dan Bumi berbentuk bulat.

Memandang Bumi di atas ketinggian

bumi bulat
gambar istimewa

Memandang Bumi di atas ketinggian akan menunjukkan bentuk Bumi yang bulat. Jika seseorang memanjat ke atas pohon atau memandang dari atas gedung yang tinggi, seharusnya ia akan mampu melihat hamparan Bumi yang sangat jauh. Faktanya, jarak pandangnya tidak akan terlalu jauh karena permukaan Bumi yang melengkung di ujung pemandangan yang ia lihat.

Selain itu, kita juga sering mendengar teori sederhana dimana jika kita melihat perahu berlayar dari pantai, maka lama kelamaan kapal tersebut akan menghilang seolah tenggelam ke dalam air. Padahal ini disebabkan karena kapal tersebut menuju lengkungan Bumi selanjutnya.

Naik pesawat

bumi bulat
gambar istimewa

Faktanya, pesawat bisa terus terbang dalam garis lurus tanpa jatuh atau mencapai ujung Bumi. Selain itu, beberapa pesawat besar akan terbang lebih tinggi. Dari ketinggian akan terlihat bahwa permukaan Bumi sedikit melengkung. Sedikit bagian Bumi yang terlihat ini jika diteruskan maka akan membuktikan bahwa Bumi berbentuk bulat.

Pembagian zona waktu

bumi bulat
gambar istimewa

Tidak mungkin jika Bumi berbentuk datar akan terjadi siang dan malam. Konsepnya serupa dengan tampaknya rasi bintang yang sebelumnya telah kita bahas. Jika Bumi datar, maka sinar Matahari akan tetap mencapai belahan Bumi lainnya.

Namun, Bumi selalu memiliki sebagian wilayah siang dan sebagian wilayah malam. Ini disebabkan karena bumi berbentuk bulat.

Bayangan Bumi bulat

bumi bulat
gambar istimewa

Pada fenomena gerhana Bulan, bayangan Bumi pada bulan terlihat melengkung. Sekarang, apakah kamu sudah percaya bahwa Bumi berbentuk bulat?

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
26,400SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles